Review Buku

Kado Manis untuk yang Ingin Memiliki Keturunan

Judul Buku : Tuntunan Praktis dan Padat bagi Ibu Hamil dari ‘A’ sampai ‘Z’ Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah yang Shahih

Penulis : Abu Muhammad Ibnu Shalih bin Hasbullah

Editor : Abu Ahsan Sirajuddin

Muraja’ah : Abu Abdul Karim

Penerbit : Pustaka Ibnu Umar

Tahun Terbit : Cetakan 1, 2009

Tebal : xx + 25 halaman

Ukuran : 13 x 18 cm

Memiliki keturunan menjadi dambaan setiap muslim yang bertaqwa. Akan tetapi, untuk memiliki keturunan, tak boleh asal memiliki keturunan. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar dapat memiliki keturunan yang shalih, shalihah, sehat, dan menjadi bibit unggul umat ini. Buku ini mengulas secara ringkas namun lengkap tentang persiapan untuk memiliki buah hati serta nasehat-nasehat medis dan agama kepada orang tua.

Buku ini diawali dengan ma’lumat masa kehamilan, sebelum kelahiran. Termasuk ke dalam bab ini adalah pentingnya menjaga keturunan dalam Islam. Kita diingatkan kembali tentang niat kita dalam usaha memiliki keturunan. Perlu niat yang lurus agar amalan kita berbuah menjadi amalan yang baik. Dalam hal memiliki keturunan, kita niatkan untuk mendapatkan anak shalih yang berjuang di jalan Allah. Selanjutnya, untuk menjaga keturunan, kita perlu untuk memilih orang yang akan menjadi bapak/ibu bagi anak-anak kita. Bagaimana kita harus memilih, tentu sudah diajarkan dalam syari’at yang mulia ini.

Bagi Anda yang baru membeli buku ini dan tengah dalam keadaan hamil, terdapat berbagai tuntunan ringkas namun jelas dan lengkap di dalam buku ini. Mula-mula, kita disuguhi dengan kisah Maryam binti ‘Imran, ibunda nabi ‘Isa ‘alaihissalam, ketika mengandung. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah beliau, radhiyallahu ‘anha. Selanjutnya, diberikan pula jenis-jenis makanan yang baik untuk ibu hamil, nifas, dan menyusui. Sebaliknya, dituliskan juga zat-zat berbahaya yang harus dihindari terutama oleh ibu hamil.

Setelah berniat dan mengusahakan kehamilan dengan sebaik-baiknya, seringkali timbul problematika seputar kehamilan yang mengganjal hati. Pada buku ini, masih pada bab pertama, diulas permasalahan-permasalahan yang sering muncul selama hamil dan solusinya. Permasalahan-permasalahan tersebut antara lain tentang berhubungan badan selama hamil, ngidam, puasa bagi wanita hamil dan menyusui, cairan-cairan yang mungkin keluar saat hamil, ketika terjadi keguguran atau prematur, bagaimana mengurus jenazah bayi, aborsi, dan apa yang harus dilakukan ketika wanita kesulitan dalam melahirkan.

Tuntas mengupas tentang masa kehamilan, buku dilanjutkan dalam bab kedua yaitu ma’lumat setelah melahirkan. Bab ini merupakan pembahasan tentang hal-hal yang perlu dilakukan ketika bayi lahir. Dijelaskan pula hal-hal yang tidak perlu dilakukan namun sering dilakukan oleh masyarakat. Selain menjelaskan bagaimana sambutan kepada si kecil saat lahir, penulis menuliskan hal-hal yang perlu dilakukan oleh orang tua si kecil setelah kelahirannya. Bagaimana si ibu menghadapi masa nifas, pembahasan nifas secara tuntas, aqiqah, mencukur rambut, serta khitan. Tak lupa penulis menjelaskan bid’ah-bid’ah yang sering dilakukan seputar kehamilan dan kelahiran anak.

Lengkap sudah pembahasan dari persiapan untuk memiliki buah hati hingga setelah masa kelahiran. Penulis tidak menutup buku ini begitu saja. Penulis menambahkan bab ketiga, yaitu tanya jawab seputar hamil dan kelahiran. Banyak permasalahan-permasalahan terkini yang perlu ditanyakan hukumnya menurut syariat. Di antara permasalahan yang ditanyakan adalah hukum kontrasepsi, menalak wanita hamil, kasus transeksual, serta hukum menjahit luka hamil. Masih ada pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin ingin Anda ketahui pula jawabannya. Lebih tuntasnya, Anda dapat temukan sendiri pertanyaan dan jawaban permasalahan Anda di dalam buku ini.

Terakhir, pada bab keempat, penulis menuliskan dzikir-dzikir yang dianjurkan bagi wanita hamil dan melahirkan. Dzikir-dzikir ini merupakan dzikir-dzikir yang shahih, berasal dari al-Qur’an dan hadits-hadits yang shahih. Bagian ini menjadi penting untuk menangkal maraknya dzikir-dzikir yang dibuat sendiri oleh manusia dan dianggap sebagai bagian dari agama yang mulia ini. Cukuplah diri kita mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah beserta para shahabatnya. Sederhana dalam sunnah adalah lebih baik dari pada berlebih-lebihan dalam bid’ah.

Sebagai bonus, penulis memberikan daftar nama-nama yang baik untuk bayi Anda. Selain itu, tak lupa penulis memberikan nasehat tentang nama-nama yang dianjurkan serta nama-nama yang dilarang ataupun dimakruhkan menurut syari’at Islam. Hal ini menunjukkan pentingnya pemberian nama terhadap seseorang. Nama bukanlah sekedar nama yang tak berarti.

Buku ini sangat bagus untuk dimiliki oleh para calon orang tua. Bahasannya yang ringkas tidak membuat kita mengerutkan kening untuk memahami maknanya. Walaupun ringkas, apa yang dibahas di dalam buku ini cukup lengkap dan menjawab pertanyaan yang sering muncul di dalam benak kita. Ukurannya yang lebih kecil dari kebanyakan buku membuatnya simpel dan mudah dibawa.

Buku ini juga cocok sebagai kado untuk sanak kerabat. Tak perlu bingung lagi dengan kemasan karena buku ini dimasukkan ke dalam kardus yang serupa dengan covernya. Tanpa dibungkus lagi, buku ini sudah layak untuk diberikan. Namun bila Anda ingin membungkus lagi, itu adalah selera Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s