Review Buku

Ketika Keras Kepala Mengalahkan Penderitaan

Judul Buku : Life of Pi

Penulis : Yann Martel

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Harga : Rp.46.750,00 (bukabuku.com)

Tebal : 448 halaman

“Pi = 3,14”

Tulisan singkat Pi di papan tulis saat memperkenalkan dirinya membuat siswa-siswa usil di sekolahnya tak berani mengolok-olok namanya dengan Pissing (kencing) atau kata-kata lain yang serima. Pi, dari Piscine Molitor Partel.

Dibesarkan oleh orang tua yang memiliki kebun binatang di India, membuat kehidupan Pi Partel tak lepas dari binatang. Tak betah dengan suasana politik di India yang kacau, keluarga Partel memutuskan untuk pindah ke Kanada menumpang kapal barang Tsimtsum dengan membawa binatang-binatangnya. Naasnya, tanggal 21 Juni 1977, kapal tersebut tenggelam di Samudera Pasifik. Hanya satu sekoci yang selamat. Sekoci itu berisi seekor orang utan, seekor zebra yang kakinya patah, seekor hyena yang kelaparan, seekor harimau Bengali yang buas, dan Pi Partel.

Sekoci tadi terombang-ambing selama tujuh bulan di samudera. Sejak itulah pengalaman Pi dimulai. Bagaimana ia berkali-kali lolos dari maut: Lolos dari kapal yang tenggelam, lolos dari hyena yang kelaparan, dan bersahabat dengan harimau yang buas. Pengalamannya itu membuatnya memahami keberadaan Tuhan dan berusaha untuk mencintai Tuhan sesuai dengan pemikirannya. Tak tanggung-tanggung, dia memeluk tiga agama sekaligus. Menurutnya, itulah cara untuk mencintai Tuhan seutuhnya. Ini baru awal dari pengalaman Pi. Pengalaman berikutnya, Anda harus baca sendiri buku ini.

Penulis, Yann Martel, menyajikan pada kita sebuah kisah yang sangat menggugah hati. Tema yang diambil sangatlah inspiratif, dihidupkan oleh karakter-karakter yang kuat, disertai dialog-dialog yang pintar, serta plot yang sederhana dan mencekam. Penulis mendeskripsikan ceritanya dengan detil, penuh warna, serta emosi. Sebuah monumen kekerasan hati dan kepala, sebagaimana sang Penulis.  Tak heran jika buku ini memenangkan penghargaan bergengsi dunia buku, The Man Booker Prize.

Sumber:
Dokumen pribadi
http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/19127/kisah-pi-life-of-pi.html
http://bmicg.multiply.com/reviews/item/4

Sumber Gambar:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s