Review Buku

Akhir Hidup Idaman

Judul Buku : 18 Tanda Husnul Khotimah

Penulis : Syaikh Muhammad Nashiruddin al-ALbani

Penerjemah :Abu Mu’awiyah

Penerbit : Pustaka Ulil Albab, Bogor

Tebal : 43 halaman

Ukuran Buku : 9.5 cm x 13 cm

Mati dalam keadaan husnul khotimah adalah dambaan bagi setiap manusia. Menurut Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitabnya, Al-Fath, ada lebih dari 20 kriteria yang menandakan seseorang mati dalam keadaan husnul khotimah. Adapun dalam buku ini, disebutkan 18 tanda di antaranya.

Buku ini sebenarnya adalah sebuah bab tersendiri dari sebuah buku karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani yang berjudul Ahkaamul Janaa-iz wa Bida’uhaa. Dalam buku tersebut, pembahasan tentang tanda-tanda husnul khotimah diuraikan pada bab Alaamaat Husnil Khotimah.

Seluruh tanda yang disebutkan oleh Syaikh dalam pembahasan ini diambil dari hadits-hadits Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam yang shahih maupun hasan. Di antara tanda-tanda husnul khotimah yang disebutkan oleh beliau antara lain:
1. Mengucapkan Syahadat Ketika Hendak Meninggal
2. Meninggal dengan Mengeluarkan Keringat di Dahi
3. Meninggal Dunia pada Malam Jum’at atau pada Siang Harinya
4. Syahid di Medan Perang
5. Meninggal Dunia dalam Keadaan Perang di Jalan Allah
6. Meninggal Dunia karena Penyakit Tha’un
7. Meninggal karena Penyakit Perut
8. Meninggal karena Tenggelam
9. Meninggal karena Tertimpa Reruntuhan
10. Wanita yang Meninggal Ketika Mengalami Masa Nifasnya disebabkan (melahrikan) Anaknya
11. Meninggal karena Terbakar
12. Meninggal karena Terkena Tumor di Rusuk
13. Meninggal Dunia karena Penyakit TBC
14. Meninggal Dunia karena Mempertahankan Harta yang Hendak Dirampas
15. Meninggal Dunia dalam Mempertahankan Agama
16. Meninggal Dunia dalam Mempertahankan Jiwa
17. Meninggal karena Berperang di Jalan Allah
18. Meninggal dalam Beramal Shalih

Seluruh kondisi di atas adalah shahih disertai dengan hujjah yang jelas. Saya menjadi tahu beberapa kondisi yang menandai seorang muslim meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Selain itu, banyak hal baru yang saya ketahui tentang definisi suatu istilah. Sebagai contoh, siapakah orang yang disebut dengan syuhada? Ternyata, syuhada bukan hanya orang yang mati syahid ketika berperang di jalan Allah. Karena jika demikian adanya, tentu syuhada dari umat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam sangatlah sedikit. Coba perhatikan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud (II:275), an-Nasai, at-Tirmidzi (II:316) dan ia menshohihkannya, Ahmad (no.1652 dan 1653) dari Sa’id bin Zaid, dan sanadnya shohih:

“Orang yang terbunuh karena mempertahankan hartanya adalah syahid, orang yang terbunuh karena membela keluarganya adalah syahid, orang yang terbunuh karena mempertahankan agamanya adalah syahid, dan orang yang terbunuh mempertahankan darahnya adalah syahid.”

Setelah saya hitung, ada tidak kurang dari 10 hadits shahih yang Syaikh sebutkan tentang siapa sajakah orang-orang yang dikatakan syahid. Hadits yang satu dengan yang lainnya saling melengkapi. Subhanallah..

Ternyata ada banyak macam keadaan yang mengakibatkan seseorang mati syahid. Akan tetapi, kita tidak diperkenankan untuk menyebut seseorang dengan asy-Syahid meskipun dia mengalami tanda-tandanya. Hal ini pernah dibahas oleh al-Bukhori dalam sebuah bab tersendiri dalam kitab Shahihnya (VI:89), Bab Laa Yaquulu, “Fulaanun Syahiid” (Bab Tidak Boleh Mengatakan, Fulan Syahid).

Untuk dapat memahami maksud dari ke-18 tanda ini, Anda perlu membaca buku ini sendiri. Walaupun saya telah menyebutkan 18 tanda ini, mungkin Anda akan tetap bertanya-tanya. Apa perbedaan point ke 4, 5, dan 17. Semoga kita dapat mengakhiri hidup kita dengan keadaan husnul khotimah. Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s