Reading Challenge

History Reading Challenge 2014

Alhamdulillah tahun ini saya mulai dapat membaca banyak buku lagi (insyaallah), setelah tahun lalu mengalami banyak hal yang membuat target Goodreads Reading Challenge sebanyak 12 buku saja tidak tercapai. Oleh karena itu, meski sedikit terlambat, tahun ini saya mencoba memberanikan diri untuk mengikuti tantangan baca yang diadakan mbak Fanda: History Reading Challenge 2014.

Saya tertarik untuk mengikuti tantangan ini karena ketertarikan saya pada genre buku non-fiksi. Terlebih, banyak timbunan buku bergenre sejarah di rumah saya. Sebenarnya kebanyakan buku-buku dengan genre tersebut merupakan buku-buku kakak-kakak saya. Sebagai adik yang baik (dalam memanfaatkan apa yang ada :P), saya boleh ikut baca juga dong. Saya sendiri lebih sering membeli buku yang berkaitan dengan teknologi dan edukasi.

Nah, pada tantangan ini, peserta diminta memilih level yang dituju untuk menyelesaikan tantangan. Saya lagi-lagi memberanikan diri untuk memilih level tertinggi, yaitu Historian, yang disyaratkan untuk membaca 7 atau lebih buku bergenre sejarah. Tak hanya itu, peserta juga disyaratkan untuk mereview buku-buku tersebut. Adapun 7 buku yang ingin saya selesaikan untuk memenuhi tantangan ini antara lain:

  1. Maria van Engels, Menantu Habib Kwitang by Alwi Shihab
  2. Perang Aceh by Paul van ‘T Veer
  3. The Portable Abraham Lincoln (edited) by Andrew Delbanon
  4. Eastern Christianity: The Byzantine Tradition by Lawrence Cross
  5. Operasi Udara di Timor Timur by Hendro Subroto
  6. Islam Andalusia by Ahmad Thomson & Muhammad ‘Ata’ur Rahim
  7. Soeharto: The Life and Legacy of Indonesia’s Second President by Retnowati Abdugani

List buku di atas suatu saat mungkin saja akan berubah. Bisa bertambah, berkurang, atau diganti. Apalagi membaca buku-buku di atas saya akui cukup berat karena beberapa buku tulisannya super duper kecil dan menggunakan bahasa Inggris. Akhir kata, semoga saya dapat menyelesaikan tantangan ini. Terima kasih untuk mbak Fanda yang sudah membuat tantangan ini.

Leave a Reply

