Reading Challenge

Lucky no. 14 Reading Challenge

lucky-no141

Halo, ada reading challenge yang menarik lagi nih. Deskripsi lengkapnya bisa dilihat di sini. Intinya, peserta diajak membaca dan mereview buku-buku dengan 14 kategori yang disyaratkan oleh penyelenggara. Berikut ini kategori buku dan rencana judul-judul buku yang ingin saya baca. Semoga dapat terwujud, insyaallah:

1. Visit The Country: Read a book that has setting in a country that you really want to visit in real life.

Untuk kategori ini, saya pilih untuk mencoba menyelesaikan ar-Raheeq al-Makhtum karya Shafiurrahman al-Mubarakphuri. Buku ini adalah sirah nabawiyah yang memenangkan penghargaan penulisan sirah yang diselenggarakan di Makkah al-Mukaramah. Selain itu, buku ini merupakan buku sirah yang direkomendasikan oleh Ustadz Abu Abdul Muhsin Firanda Andirja.

2. Cover Lust: Pick a book from your shelf that you bought because you fell in love with the cover.

Cover Aussie Etiket (by John O’Grady) bagi saya sangat menarik dan berhasil membuat tangan saya bergerak meraihnya ketika melihatnya bertengger di rak buku kakak. Coba ah mulai dibaca, apakah isinya semenarik covernya.

3. Blame it on Bloggers: Read a book because you’ve read the sparkling reviews from other bloggers.

Ini sih benar-benar salahnya Egha yang membuat saya harus membaca Insiden Anjing by Mark Haddon :)

4. Bargain All The Way: Ever buying a book because it’s so cheap you don’t really care about the content?

Hehe, tutorial photoshop murah banget: 23 Spesial Teknik Manipulasi Photoshop (Insaf Idul Khoiri)

5. (Not So) Fresh From the Oven: Do you remember you bought/got a new released book last year but never had a chance to read it?

Nanny 911 sudah dibeli sejak Desember 2012, tapi sssstt…. saya belum baca X_X

6. First Letter’s Rule: Read a book which title begins with the same letter as your name

OK, nama saya Kirana, berarti mesti pilih judul buku yang diawali huruf ‘K’. Untuk itu, saya pilih Kepada Wanita Muslimah by Muhammad Rasyid al-‘Uwayyid

7. Once Upon a Time: Choose a book that’s been published for the first time before you were born

Mau baca Di Tepi Sungai Plum by Laura Ingalls Wilder, terbitan bahasa Indonesia cetakan pertama tahun 1981 oleh penerbit P.T. BPK Gunung Mulia.

8. Chunky Brick: Take a deep breath, and read a book that has more than 500 pages.

Hmm, mungkin mau baca Balthasar’s Odyssey setebal 619 halaman. Buku ini belum pernah saya baca sejak nangkring di rak buku saya tahun 2008.

9. Favorite Author: You like their books, but there are too many titles. This is your chance, choose a book that’s been written by your fave author but you haven’t got time to read it before.

Kitab-kitabnya Ibnu Katsir setelah ditahqiq dan dipadatkan hanya berdasarkan dalil shahih benar-benar jadi enak buat dibaca. Saya kepincut dengan Kisah Shahih Para Nabi yang terdiri atas 2 jilid. Uniknya, yang sudah saya baca justru yang jilid 2. Mungkin ini saatnya untuk membaca yang jilid 1.

10. It’s Been There Forever: Pick up a book that has been there on your shelf for more than a year, clean up the dust and start to read it now:)

Maria van Engels by Alwi Shahab benar-benar memenuhi kategori ini, sudah tersimpan di rak buku sejak tahun 2008 dan belum sehalamanpun yang saya baca hingga bulan Mei 2014 ini.

11. Movies vs Books: You’ve seen the movie adaptation (or planned to see it soon) but never had time to read the book. It’s time to read it now, so you can compare the book vs the movie.

Film Beautiful Mind yang menceritakan tentang kisah matematikawan John Nash merupakan salah satu favorit saya. Ternyata ada juga lho bukunya dan sudah nangkring di rak buku. Tapi tebal bukunya dan tulisannya yang kuecil-kuecil membuat saya memilih buku lain untuk dibaca. Hhh, mungkin ini saatnya untuk mulai membaca Beautiful Mind.

12. Freebies Time: What’s the LAST free book you’ve got? Whether it’s from giveaway, a birthday gift or a surprise from someone special, don’t hold back any longer. Open the book and start reading it now :D

Hadiah karena menang kuis dari Blogfam, yang belum saya baca: Fantastic Beasts & Where to Find Them

13. Not My Cup of Tea: Reach out to a genre that you’ve never tried (or probably just disliked) before. Whether it’s a romance, horror or non fiction, maybe you will find a hidden gem!

Di Indonesia pernah ngetren buku-buku fiksi dengan judul-judul yang vulgar. Buku fiksi saja sudah bikin saya mikir-mikir, apalagi judulnya yang vulgar bikin saya makin ogah! Mungkin buku fiksi yang menarik bagi saya sekarang ini cuma fiksi detektif. Eh, lha kok di rak buku kakak ada buku yang judulnya vulgar banget. Haruskah saya membacanya? *tarik nafas* Wajah Sebuah Vagina by Naning Pranoto.

14. Walking Down The Memory Lane: Ever had a book that you loved so much as a kid? Or a book that you wish you could read when you were just a child? Grab it now and prepare for a wonderful journey to the past:) Comic books or graphic novels are allowed!

Hehe, saya suka banget sama petualangan-petualangannya STOP.. kelompok detektif karya Stefan Wolf. Sampai-sampai dulu saya bikin semacam gank beranggotakan empat anak dan menjuluki masing-masing anggota dengan nama-nama anggota STOP.

 

Leave a Reply

