Wishful Wednesday

Robot Builder’s Bonanza dan ECA

Wishful Wednesday #2

Buku-buku yang akan saya baca tahun ini kebanyakan mungkin adalah buku-buku bergenre sejarah, insyaa Allaah. Selain untuk menambah wawasan sejarah nasional maupun dunia, tentunya juga dalam rangka mengikuti History Reading Challenge 2014. Walaupun demikian, ada kalanya kejenuhan muncul terutama jika membaca satu buku kok nggak selesai-selesai. Oleh karena itu, saya punya buku (lebih tepatnya e-book) yang saya baca di sela-sela waktu membaca jika agak jenuh mantengin satu buku saja. Dialah Robot Builder’s Bonanza.

bonanza

E-book ini sudah saya miliki sejak saya kuliah tapi belum kelar-kelar saya baca karena beberapa alasan berikut:

  1. Saya bukan pembaca e-book yang baik karena mata rasanya pedas kalau harus berlama-lama membaca e-book via laptop. Lagipula, waktu saya tidak banyak di depan laptop.
  2. Hari gini baca e-book via laptop? Pakai e-book reader atau smartphone donk! Mungkin demikian pikiran sebagian pembaca. Baiklah, saya mengaku kalau saya tidak punya e-book reader maupun smartphone. Bukan apa-apa, saya cuma keukeuh untuk bertahan menggunakan handphone jadul hitam putih yang tidak bisa digunakan untuk nge-net walaupun suami beberapa kali menawarkan untuk membelikan saya smartphone. Alasannya? Cuma alasan pribadi kok, hehe.. Let’s see berapa lama saya bisa bertahan tanpa smartphone.

Jadi bagaimana saya akan membaca e-book ini? Ada 2 cara yang mungkin saya gunakan:

  1. Menggunakan laptop, jika saya ada waktu menggunakan laptop dan tidak ada hal lain yang harus dikerjakan di laptop.
  2. Menggunakan smartphone suami kalau suami ada di rumah.

Sepertinya bakal lama ya menyelesaikan buku ini? Walaupun begitu, saya merasa harus menyelesaikan buku ini karena buku ini memang sangat menarik. Buku ini seperti cookbook-nya robot experimenter. Buku ini bagai peta harta karun yang membantu kita membuat robot sesuai keinginan sendiri. Robot Builder’s Bonanza tidak terlalu berat bagi seorang pemula atau hobbyist namun juga berbobot sehingga bagus pula untuk dibaca oleh para praktisi robotika. Saya berharap tahun ini bisa menyelesaikan membaca buku ini, syukur-syukur kalau berhasil membuat robot juga :).

Ngomongin robot, saya jadi teringat buku kuliah saya yang dipinjam dan belum kembali sampai saat ini. Apesnya, nggak ada yang ngaku siapa yang pinjam buku saya *sedih*. Saya sangat memimpikan agar buku tersebut dapat kembali saya miliki karena ilmu di dalamnya sangat berharga dan bermanfaat untuk saya sekeluarga: Electric Circuit Analysis karya David E. Johnson, Johnny R. Johnson, dan John L. Hilburn. Electric Circuit Analysis atau lebih familiar disebut ECA oleh mahasiswa almamater saya, merupakan textbook yang digunakan untuk mata kuliah Rangkaian Listrik. Penjelasannya singkat, padat, dan jelas.

eca

2 thoughts on “Robot Builder’s Bonanza dan ECA

Leave a Reply

