Wishful Wednesday

Jaringan Kerja Bisnis Cina

Wishful Wednesday #3

Perjalanan hidup saya tidak lepas dari berhubungan dengan orang-orang Cina. Sedari kecil, masuk sekolah, kuliah, hingga kini saya memiliki hubungan dengan mereka. Memang, di kota kecil tempat kami tinggal, toko-toko di pusat kota didominasi pedagang dari etnis ini. Tak heran jika orang tua saya yang sering mengajak anak-anak ke toko-toko mereka membuat kami menjadi pelanggan yang baik. Hubungan kami dengan etnis Cina bukan lagi sekadar hubungan jual beli. Obrolan-obrolan santai dan bertukar pikiran sering kami lakukan, khususnya untuk jasa yang memakan waktu atau bisa juga non-toko misalnya di salon atau tukang jahit. Bahkan saat saya akan menikah dan memesan baju pengantin, sang penjahit yang juga orang Cina ini tak segan memberikan nasehat-nasehat pernikahan kepada saya.

Tak dipungkiri banyak orang di negeri ini yang alergi atau membatasi hubungan dengan orang Indonesia keturunan Cina. Memang, katanya, banyak orang dari etnis ini sering bersikap tidak menyenangkan terutama dari kalangan pebisnis. Tapi saya meyakini bahwa selain Ya’juj dan Ma’juj, di setiap bangsa pasti ada orang-orang baiknya dan ada pula orang-orang jahatnya. Tak perlu jauh-jauh, di dalam diri setiap orang saja pasti ada sifat-sifat yang baik dan ada juga sifat-sifat yang buruk. Terkhusus untuk orang Cina, ada kutipan yang tidak selalu benar tapi cukup membuat saya tersenyum simpul:

Mereka itu manusia yang mengagumkan, menjengkelkan, penuh humor, sombong, pendusta, setia, mata duitan, lembut, sadistis, dan halus budi. Senantiasa memikirkan kenyamanan pribadi… mereka dapat menahan derita, bahkan melewati batas kemampuan bertahan kebanyakan orang lain. Mereka adalah orang Cina. -David Bonavia dalam The Chinese, 1982-

Saya sendiri bersyukur selama ini kenalnya sama orang Cina yang baik-baik :) .

Baiklah, dari tadi ngomongin orang Cina… mungkin sudah bisa ditebak bahwa Wishful Wednesday saya hari ini berhubungan dengan orang-orang Cina. Ini dia cover buku aslinya:

het chineesche

Tapi itu berbahasa Belanda, saat ini saya tidak akan bisa memahaminya. Alhamdulillah, sudah ada terjemah dalam bahasa Indonesia. Ini dia covernya:

kongsi dan spekulasi

Pada dasarnya saya memang suka membaca buku-buku terkait budaya, sejarah, dan berbagai ajaran/kepercayaan (tapi yang mudah dipahami ya). Khusus untuk buku ini, saya ingin membacanya, salah satunya adalah sebagai bentuk penghargaan saya kepada seluruh kenalan saya yang keturunan Cina. Terima kasih kepada ibu Santi atas rekomendasi bukunya. Selain itu, saya ingin membacanya juga karena tertarik dengan isinya. Ini dia daftar isinya (terima kasih pak Tanzil atas bocorannya):

  • Bab I : Pendahuluan
  • Bab II : Pemakaian Nama Perseorangan
  • Bab III : Pemakaian Merk Dagang
  • Bab IV : Cap Dalam Kehidupan Bisnis Cina
  • Bab V : Cara Orang Cina Menghitung Waktu
  • BabVI : Bahasa dan Tulisannya
  • Bab VII : Kongsi dan Perseorangan
  • Bab VIII : Pembukuan Cina
  • Bab IX : Sui Poa atau Sao Poa
  • Bab X : Perkreditan
  • Bab XI : Rantai Kredit Cina (Hwee) – “Djoeloe2”- Arisan Zaman Dulu
  • Bab XII : Spekulasi dan Cicilan
  • Bab XIII : Dana Keluarga
  • Bab XIV : Kehidupan Bisnis Cina Di Berbagai Wilayah Hindia Belanda
  • Bab XV : Catatan Akhir

Sayangnya, buku ini diterbitkan pada tahun 1989. Saya cari-cari di internet belum nemu lagi yang jual. Jadi, rasanya pantas jika buku ini masuk dalam wishlist saya. Semoga bisa terwujud.

***

Mau ikutan Wishful Wednesday?

  1. Follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post Wishful Wednesday yang ada di blog Books To Share setiap minggunya). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu :D
2 thoughts on “Jaringan Kerja Bisnis Cina

  1. wowww keren WW nya, aku malah baru tau lho ada buku ini… dan sebagai keturunan Cina, aku cukup malu juga karena jarang membaca buku yang ada hubungannya dengan etnis ini hehehe…semoga terkabul ya..

    Like

    • Wah, suatu kehormatan bagi saya dikunjungi dan dikomentari oleh sang empunya event! Hehe..
      Oh, cici keturunan Cina? OK, berarti bertambah lagi orang Cina baik di dalam daftar kenalan saya :D. Yah, bahan bacaan kan sesuai dengan selera ya. Kebetulan saya juga suka baca yang berkaitan dengan berbagai budaya. Jadi saya penasaran sekali, ingin punya dan baca buku ini. Semoga bisa terwujud. Aamiin..

      Like

Leave a Reply

