Review Buku

Mendidik Anak dengan Game Islami

zaJudul Buku: Mendidik Anak dengan Game Islami

Penulis : Ummu Raihan

Penerbit : Gazzamedia

Cetakan, Tahun Terbit : I, September 2013

Nah, tiba juga saatnya mereview buku yang menjadi wish-ku pekan lalu. Buku ini saya pikir perlu dimiliki oleh setiap keluarga muslim untuk menstimulasi anak-anak balitanya agar dapat tumbuh dengan stimulasi yang tepat sesuai jenjang umurnya namun tetap memperhatikan kaidah-kaidah Islam sehingga stimulasi yang diberikan tidak keluar dari koridor syar’i. Permainan-permainan yang dituliskan dalam buku ini bermanfaat untuk menstimulasi berbagai aspek mulai dari emosi sosial, bahasa, kognitif, hingga motorik kasar dan halus. Bukan sekadar permainan yang menstimulasi aspek-aspek tadi, tapi permainan-permainan dalam buku ini juga dimuati dengan muatan-muatan edukatif religius sebagai usaha agar anak menjadi pribadi muslim yang kokoh. Jadi anak diharapkan bukan hanya menjadi pribadi yang cerdas dan cekatan, tapi juga memiliki pondasi keimanan yang teguh. Materi-materi edukatif religius yang dapat diperoleh di buku ini meliputi aqidah, adab dan ibadah, hafalan Qur’an dan Hadits, mengenal huruf hijaiyah, dan bahasa Arab. Rincian selengkapnya bisa dilihat pada artikel wish-ku pekan lalu.

Pada setiap games dalam buku ini, detail dari permainan disampaikan secara sistematis oleh penulis. Dimulai dari memaparkan nama permainan, materi edukatif yang termuat dalam permainan tersebut, lalu target kompetensi, maka pembaca dapat menentukan apakah permainan tersebut adalah yang ia butuhkan saat ini atau tidak. Selanjutnya, penulis merincikan persiapan yang dibutuhkan untuk melaksanakan permainan lalu dilanjutkan dengan cara melaksanakan permainan. Penjelasan diikuti dengan menguraikan aspek apa saja dalam diri anak yang terstimulasi dengan permainan tadi. Penulis juga memberikan ide-ide yang bisa menjadi variasi dalam setiap permainan yang sedang diulas.

Sekarang ini banyak buku yang mencatut nama “Islami” dalam judulnya namun ternyata isinya tidak benar-benar Islami pada isinya. Islami yang bermakna mengikuti kaidah-kaidah Islam tidak benar-benar direalisasikan pada kebanyakan buku dengan judul seperti itu. Buku ini bagai angin segar yang membuat saya tidak terlalu alergi lagi dengan buku-buku yang menggunakan kata “Islami” pada judulnya. Untuk memperkuat konsep dalam permainan-permainan di bagian pertama buku, penulis berbaik hati menguraikan materi singkat tentang basic keislaman pada bagian kedua buku ini. Materi-materi tersebut meliputi aqidah, akhlaq dan adab, fiqh/ibadah, tarikh, Qur’an, dan Hadits. Materi-materi tersebut disajikan dalam bentuk poin sehingga singkat, jelas, padat, dan tepat sasaran, didukung menggunakan dalil-dalil yang hanya diambil dari dalil-dalil yang shahih. Selain penjelasan yang memperkuat basic keislaman, penulis juga merincikan basic skill yang harus dikuasai anak dari skill bahasa, kognitif, motorik, sosial, emosional, kemandirian, dan juga seni.

Buku setebal 162 halaman dengan isi yang komplit ini dapat diperoleh dengan harga cukup murah, yaitu Rp28.000,- saja. Walaupun buku ini full black/white, tampilannya tidaklah mengecewakan, yaitu menggunakan paper book untuk isi buku dengan frame segar di setiap halamannya. Tak ada gading yang tak retak, demikian pula dengan buku ini terdapat beberapa keluputan yang dapat diperbaiki untuk cetakan-cetakan berikutnya. Selain beberapa kesalahan penulisan yang dapat dihitung dengan 1 tangan dan tidak signifikan dalam hal makna, ada beberapa hal yang menurut saya cukup penting untuk diperhatikan:

  1. Missing text: Pada daftar isi, terdapat permainan Siapa Pemilik Angkanya? untuk halaman 96 (di bawah permainan Raba Sayur Apa Ya?). Ternyata, permainan tersebut tidak dapat ditemukan dalam buku ini. Setelah permainan Raba Sayur Apa?, tulisan langsung berlanjut ke bab berikutnya.
  2. Wrong page: Masih pada daftar isi, sub bab Materi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris disebutkan mulai pada halaman 150. Padahal, sub bab tersebut baru didapati mulai halaman 156.
  3. Daftar Pustaka: Dalam daftar isi juga disebutkan terdapat halaman Daftar Pustaka walau tidak dicantumkan bab tersebut berada pada halaman berapa. Setelah saya buka berulangkali, saya masih tidak menemukan di manakah Daftar Pustaka yang dimaksud. Saya justru menemukan halaman yang tidak disebutkan pada daftar isi, yaitu halaman Tentang Penulis.

Baiklah, saya pikir cukup sekian saja review buku Mendidik Anak dengan Game Islami. Over all, saya merekomendasikan buku ini agar dimiliki setiap keluarga muslim.

“Permainan, dongeng, dan hadiah adalah 3 hal yang tidak pernah ditolak oleh anak. Maka sangat tepat apabila buku ini hadir untuk memberikan panduan bagi orang dewawsa di seputar anak-anak. Buku ini bisa menjadi pandauan bagi orangtua dan pendidik bagaimana agar mereka bisa masuk ke dunia anak-anak dengan mudah dan menyenangkan. Sehingga banyak anak-anak yang bergembira karena mendapatkan fasilitator yang paham dunia mereka. Bagi anda yang merasa menyukai dunia anak-anak dan memiliki anak, WAJIB untuk membaca buku ini.” (Septi Peni Wulandari, Ibu Rumah Tangga, Founder Institut Ibu Profesional dan Jarimatika).

“Buku WAJIB untuk ibu, ayah, dan para pendidik anak usia dini yang mencantumkan label “islami” dalam pengasuhannya. Permainan dan ide-ide kreatif dalam buku ini benar-benar Islmai karena menggunakan dalil shahih dari Quran dan Hadits namun tetap menomorsatukan keceriaan dan kesenangan anak-anak. ” (Niken Tf Alimah, Penulis, Co Area Institut Ibu Profesional).

 

Adapun kekurangan-kekurangan yang saya sebutkan tadi, semoga dapat disempurnakan pada cetakan-cetakan selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s