Wishful Wednesday

Catatan Harian Zlata Filipovic

catatan harian zlata

Wishful Wednesday #5

Buku ini menjadi wish-ku pekan ini, Buku Harian Zlata: Jerintan Seorang Anak Bosnia. Sebuah catatan harian yang dibuat oleh seorang anak berusia 11 tahun yang tiba-tiba harus merasakan pecahnya perang saudara yang mengerikan di Sarajevo, Bosnia. Mengingat buku ini ditulis oleh seorang anak, buku ini mendapat pujian atas penggunaan tata bahasanya yang menakjubkan bagai bukan ditulis oleh anak-anak saja. Memang, sebagaimana kebanyakan anak-anak Bosnia, Zlata telah dapat baca-tulis pada usia tiga tahun. Kakeknya berperan besar dalam usaha menumbuhkan minat baca dan keinginan menulis bagi Zlata. Buku ini berhasil menggerakkan warga dunia untuk membuka mata tentang keadaan sesungguhnya di Bosnia yang pada akhirnya berhasil membantu keluarga Zlata keluar dari Bosnia.

Saya tertarik untuk memiliki buku ini karena ingin melihat perang Bosnia dilihat dari sudut pandang orang sipil non muslim. Selama ini, sebagai seorang muslim, saya banyak membaca tentang kejamnya perang Bosnia dilihat dari sudut pandang orang sipil muslim. Zlata kecil yang beragama Katolik, saya pikir dapat mewakili penduduk sipil non muslim Bosnia yang lain melalui buku ini. Sebagai seorang anak, tulisan-tulisannnya saya pikir akan lebih jujur karena tidak dimuati kepentingan-kepentingan politis, agamis, maupun rasis namun murni merupakan jeritan hatinya yang tertuang dalam tulisan.

zlata filipovic2

Buku ini mungkin sudah dicetak ulang dengan cover yang berbeda. Saat buku ini pertama kali diterbitkan, Zlata yang kelahiran tahun 1980 berusia 13 tahun. Saat search di internet, saya menemukan buku dengan cover di samping. Mungkin isinya sama dengan yang cover-nya pernah saya lihat di atas. Kalau bisa sih, saya maunya dapat yang gambar cover-nya warna kuning di atas. Karena  buku itulah yang pernah saya lihat di suatu tempat, saya pegang, dan baca beberapa halaman pertamanya. Jadi sudah ada sense yang mengikat batin saya dengan diary Zlata dengan cover tersebut. Saya masih penasaran dengan kelanjutan kisah Zlata namun sudah harus pergi tanpa bisa membawa buku ini.

***

Mau ikutan Wishful Wednesday?

  1. Follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post Wishful Wednesday yang ada di blog Books To Share setiap minggunya). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu :D
13 thoughts on “Catatan Harian Zlata Filipovic

  1. Sama kayak kata kak Luckty, kayaknya nih buku emang menarik. Saya bahkan sampai cari tahu di google soal perang yang terjadi di Bosnia (and Herzegovina) saking penasarannya >.<

    Semoga segera terkabul ya ^^)

    Like

    • Cerita perang memang selalu menyayat hati. Tapi entah mengapa cerita-cerita seperti itu cukup menarik minat saya. Waktu membaca, seolah bisa merasakan suasana mencekam pada saat peristiwa yang diceritakan. Terus merinding, terus sedih, terus mikir kok harus ada perang, terus akhirnya bersyukur tinggal di Indonesia yang katanya kacau balau tapi insyaaAllah kita masih bisa hidup damai di sini. Semoga Indonesia terus aman dan damai.

      Like

    • Iya.. aku pernah baca halaman-halaman pertamanya waktu dulu ga sengaja ketemu buku ini di suatu tempat. Jadi pas awal-awal perang mulai pecah. Sedih, anak yang berulangkali bilang kata: MENGERIKAN dengan capslock. Padahal sebelum perang pecah, hidupnya ceria, aman, tentram, damai, sentosa.

      Like

    • Kalau baca tentang orang-orang yg sampai terjun ke medan ky gitu, sering muncul pertanyaan dalam hati “Apa yang sudah saya lakukan untuk kebaikan umat manusia? Yang kecil saja deh, yang dekat.. apa yaa?”. Semoga dengan banyak membaca, kita juga semakin semangat untuk melakukan kebaikan. Kalau sudah semangat, semoga bisa segera direalisasikan.

      Like

Leave a Reply

