Review Buku

Memahami Etiket Australia dalam Kehidupan Sehari-Hari

Judul Buku: Aussie Etiket

Penulis: John O’Grady

Penerbit: Ure Smith

Cetakan, Tahun Terbit: 19, 1985

Jumlah Halaman: 87 halaman

 

Ini nih buku yang langsung menarik saya begitu melihat cover-nya. Cover-nya simpel dan kocak. Ada kartun bapak-bapak gendut berbulu sedang garuk-garuk sama orang pakai baju besi. Warna hijaunya juga hijau yang cemerlang gitu.. Begitu saya melihat buku ini di rak, saya langsung tertarik ingin membacanya. Naga-naganya buku ini isinya kocak juga, nih. Asumsi saya itu memang tidak keliru, karena O’Grady benar-benar menyuguhi kita dengan berbagai etiket di Australia yang unik, disampaikan dengan santai, ringan, dan kocak.

Awal-awal baca, memang sedikit nggak nyambung terutama kalau sudah masuk conversation. Karena memang banyak istilah-istilah slang Australia yang bahkan tidak dapat saya temukan artinya di kamus. Sebut saja bulldush, ‘e (he), o’ (of), yer (you are), dan lain-lain. Belum lagi, penggunaan kata-kata yang seakan keluar dari struktur bahasa Inggris pada umumnya. Misalnya, apa yang Anda pikirkan ketika membaca ‘me floor‘, ‘me shirt‘, ‘me house‘, … Oh, ternyata maksudnya adalah ‘my floor‘, ‘my shirt‘, ‘my house‘, .. :D Walaupun begitu, dengan memahami konteks kalimat yang digunakan, saya bisa semakin nyambung dengan conversation-nya. Saya pun menikmati buku ini hingga halaman terakhirnya.

Bahasa Inggris di Australia memang unik. Saya teringat dulu pernah membicarakan slang Aussie ini bersama teman-teman saya. Waktu itu, saya hanya curcol secara tertulis tentang sulitnya memahami pronounciation orang Australia. Artinya, referensi saya baru di audio, belum pernah baca teks. Lalu teman saya pun menanggapi dengan menyebutkan kata-kata seperti ‘e, ’em, .. Dari situ saya berpikir.. Menurut pengetahuan yang saya peroleh dari Bu Enid Blyton, pelafalan seperti itu diucapkan oleh orang-orang Inggris dari kalangan yang kurang terpelajar. Mereka tidak dapat mengucapkan huruf ‘h’ yang terletak di awal kata. Tapi, lagi-lagi dalam pikiran saya, kebanyakan orang Australia tentu tidak bisa dikatakan tidak terpelajar bukan? Nah, ternyata.. jawaban atas kegundahan saya itu ada di dalam buku karya Pak O’Gardy ini.

Banyak hal penting terkait etika di Australia bisa dibaca dalam buku ini. Bagaimana sih etika di Australia dari kehidupan bertetangga, sosialisasi di tempat umum, kendaraan umum, tempat ibadah, pemakaman, restoran, di lapangan olahraga, dan maasiih banyak lagi. Walaupun buku ini termasuk tipis (kurang dari 100 halaman), tapi buku ini sarat dengan informasi yang berguna. Jika Anda bermaksud bepergian atau bahkan tinggal beberapa lama ke Australia, maka Anda wajib membaca buku ini dulu. Biar nggak salah kostum, salah sikap, atau salah bicara gitu deh.. :)

Setelah membaca buku ini, saya jadi tertarik untuk membaca buku O’Gardy yang pertama yaitu Aussie English. Semoga kesampaian deh. (Lho, malah kaya’ posting WW. Mentang2 Rabu pekan ini melewatkan WW.. :p)

Advertisements

3 thoughts on “Memahami Etiket Australia dalam Kehidupan Sehari-Hari

  1. Pingback: Salut, Tantangan Keren di Tahun 2014 | makanbuku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s