Wishful Wednesday

Special Wishful Wednesday: All About Chinese

Wishful Wednesday #11

wishful wednesday

Halo, WW kali ini istimewa karena dimeriahkan oleh giveaway dari perpuskecil, host Wishful Wednesday menjelang hari jadi blognya. Semoga perpuskecil makin bermanfaat bagi banyak pembaca ya! Langsung saja, Wishful Wednesday saya kali ini adalah :

  1. Orang Cina, Bandar Tol, Candu, dan Perang Jawa (IDR 29.750, bukabuku.com)
  2. Materia Medica & Resep Kedokteran Tradisional Cina (IDR 55.250, bukabuku.com)

cinajawa tcm

Mungkin Anda menganggap saya rasis dan bertanya-tanya mengapa saya sangat tertarik pada etnis Cina. Meskipun saya pernah mengungkapkan sebagian alasannya pada posting ini, ada kisah yang begitu berkesan bagi saya terkait dengan etnis ini.

Saat baru masuk kuliah, di fakultas saya (Fakultas Teknik) terjadi gap-gap antar etnis di kalangan mahasiswanya. Secara umum, dalam candaan rasis yang tidak dianggap serius, mahasiswa teknik dapat dikelompokkan dalam empat suku: Suku Jawa, Suku Cina, Suku Padang, dan Suku Sisa (bukan Jawa, Cina, maupun Padang). Yang mengherankan, mayoritas teman-teman sefakultas kok sepertinya sepakat kalau anak-anak dari Suku Cina adalah kelompok eksklusif yang hanya bergaul dengan kelompok mereka sendiri dan untuk keuntungan mereka sendiri. Istilahnya, anak-anak Cina tuh suka MT (makan temen). Syukurnya, di jurusan saya (Elektro) tidak terjadi hal seperti itu. Makanya, kalau anak-anak jurusan lain mulai berkeluh kesah tentang tingkah anak-anak Cina, kami yang dari elektro sering mengernyitkan kening karena tidak merasakan hal serupa. Seorang kawan saya dari suku Padang bahkan pernah berkata pada saya “Gw ga ngerti. Di elektro Cina-Cinanya baik kok ya.. Kita kerja bareng mereka juga baik-baik saja.” Saya mengamini ucapan teman saya itu. Bagaimana tidak, sahabat terdekat saya semasa kuliah pun berasal dari etnis Cina. Darinyalah saya mula-mula tertarik untuk mulai mempelajari tentang etnis ini.

Ceritanya, suatu hari sepulang jalan-jalan ke toko buku, sahabat saya membongkar belanjaan buku saya. Salah satu buku yang saya beli membahas tentang gaya bisnis orang Jepang. Yah, saya tahu sih kalau untuk urusan bisnis ya orang Cina lah yang megang. Tapi orang Jepang ‘kan juga bisa sukses dengan gaya yang berbeda. Saya penasaran bagaimana etos kerja mereka jika dilihat dari sisi bisnis. Adakah something new? Sekilas membaca buku itu, sahabat saya berkata “Wah, sia-sia lo beli buku ini Fa! Isinya gitu-gitu doank, nggak asyik. Kalau mau belajar bisnis, belajar dari Cina saja lah.. Seru, Fa. Ada twist-nya. Kalau yang kaya’ gini sih, semua orang juga sudah tahu kalau mau bisnis ya mesti kerja keras.” Nah, sejak itulah saya mulai melirik Cina. Hehe.. Terlihat ya, betapa orang dekat bisa mempengaruhi cara berpikir kita. Padahal sebelum sahabat saya bilang begitu, saya juga sudah tahu. Tapi ketika sahabat saya yang bilang, saya pun berhasil diyakinkan.

Selain itu, di permulaan tahun ini saya baru mengalami pengalaman pahit dengan seseorang yang kebetulan juga merupakan keturunan Cina. Salah satu penyataan yang menohok hati saya adalah, betapa menurut beliau, saya bertindak menurut sudut pandang saya sendiri dan bahwa saya tidak tahu apa-apa terkait dengan budaya dan kepercayaan lain. Pernyataannya mengesankan seolah-olah selama hidup ini, saya cuma bergaul dengan orang sesuku dan seagama. Mengingat bahwa hidup saya selama ini justru penuh interaksi dengan banyak kebudayaan dan agama/kepercayaan yang berbeda (bahkan dalam hubungan keluarga), tentu saya merasa tertampar dengan pernyataan itu. Hiks.. hiks.. *mulai lebay*

Tapi ya baiklah… saya menghormati pendapat beliau dan hal itu membuat minat saya mempelajari etnis Cina jadi semakin besar. Biarpun beliau tidak mau lagi berhubungan lagi dengan saya sebagaimana hubungan kami beberapa tahun terahir ini, saya harus melipur diri bahwa saya tidak seburuk perkataannya. Yang lebih penting lagi, saya akan terus berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik.

Duh, posting ini kok jadi mellow begini.. Jadi ini Wishful Wednesday sekaligus sesi curhat nih. Hehe.. Selain hal-hal tadi, buku-buku di atas juga bermanfaat buat saya kok. Buku pertama ‘kan masuk genre sejarah, jadi bisa masuk list bacaan saya untuk History Reading Challenge deh. Sedangkan buku kedua, bermanfaat juga.. Minimal untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Yasudahlah, saya akhiri WW hari ini sampai di sini dulu. Sampai jumpa di posting berikutnya! Insyaa Allaah..

***

Mau ikutan Wishful Wednesday?

  1. Follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post Wishful Wednesday yang ada di blog Books To Share setiap minggunya). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu :D
2 thoughts on “Special Wishful Wednesday: All About Chinese

    • terima kasih :)
      *thumbs up* persis seperti teman yang kuceritain di atas. Papanya yg Cina. Walau saya bukan keturunan Cina, tapi kami senasib kalau lagi ada acara foto-foto: disuruh buka mata. Atau ditinggal ngumpet kalau lagi ketawa, hehe… :D

      Like

Leave a Reply

