Wishful Wednesday

Dari Penjara ke Penjara

dari penjara

Wishful Wednesday #12

Tan Malaka adalah salah satu pahlawan nasional yang dikenal sebagai kutu buku dan haus ilmu pengetahuan. Baginya, buku adalah harta yang sangat berharga. Walau demikian, ada yang lebih berharga, yaitu ilmu yang telah diperoleh dari buku-buku tersebut. Oleh karenanya, Tan Malaka rela berpisah dengan buku-bukunya karena ia yakin ilmu dari buku-buku tersebut telah melekat bersamanya. Walaupun telah kehilangan buku-bukunya, Tan Malaka berhasil menulis buku dengan mengacu dari berbagai buku yang telah dibacanya, tapi tanpa harus memiliki/membuka kembali buku-buku acuannya. Dia mengutipnya hanya berdasarkan ingatannya. Buku fenomenal itu berjudul Madilog, singkatan dari Materialisme, Dialektika, Logika. Suatu hari nanti semoga saya bisa memiliki buku tersebut, tapi sepertinya pembahasannya berat ya.

Nah, untuk Wishful Wednesday kali ini, saya akan coba yang lebih ringan dulu. Masih karya Tan Malaka karena sosok tokoh ini begitu fenomenal, kali ini berjudul Dari Penjara ke Penjara. Tan Malaka memang tidak luput dari penjara selama perjuangan kemerdekaan. Namun penjara tidak menyurutkan semangat, intelektualitas, dan kreativitas beliau. Dari Penjara ke Penjara menceritakan tentang kisah hidup Tan Malaka. Sebenarnya, buku ini terdiri dari dua jilid. Jilid pertama menceritakan pergulatannya di penjara-penjara Hindia-Belanda dan Filipina. Adapun jilid kedua menceritakan kisah hidupnya dari Shanghai, Hongkong, hingga kembali ke tanah air. Alhamdulillah, penerbit Narasi berbaik hati menerbitkan dua jilid buku tadi ke dalam satu buku. 

***

Mau ikutan Wishful Wednesday?

  1. Follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post Wishful Wednesday yang ada di blog Books To Share setiap minggunya). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu :D
Advertisements

2 thoughts on “Dari Penjara ke Penjara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s