Review Buku

Kiat Jitu Mempertajam Memori Anda

kiat jitu memperkuat memori Judul Buku: Kiat Jitu Mempertajam Memori Anda
Penulis: DR. Ron Fry, Ph. D
Penerbit: Prestasi Pustaka Publisher
Tahun Terbit: 2002
Jumlah Halaman: 163

Menghafal merupakan momok bagi sebagian orang. Mungkin kamu juga salah satunya? Saya sendiri juga salah satunya jika menyangkut hafalan peristiwa dan tanggal. Hehe.. bagi saya, menghafal memang sangat erat kaitannya dengan pelajaran sejarah. Yeah, saya suka mempelajari sejarah tapi saya tidak suka dengan pelajaran sejarah di sekolah. Begitulah, tidak lain karena pelajaran sejarah di sekolah penuh dengan hafalan peristiwa dan tanggal. Oleh karena itu, meninggalkan bangku sekolah bagi saya berarti kemerdekaan dari menghafal tanggal. Kehidupan kuliah yang indah telah menanti (bahkan ujiannya juga indah xD).

Di tengah indahnya masa kuliah, jalan-jalan ke toko buku jelas jadi selingan sangat indah. Di sebuah toko buku di belakang rel kereta, saya menemukan buku ini. Teringat dengan menyebalkannya pelajaran menghafal saat sekolah dulu, saya pun membelinya. Siapa tahu bisa berguna.

DR. Ron Fry memberikan banyak strategi menghafal dan memperkuat ingatan di dalam buku ini.Beberapa di antaranya sudah akrab di telinga saya dan sudah pernah saya praktikkan. Beberapa yang lain benar-benar baru bagi saya. Di antara metode-metode yang baru saya kenal, ada satu yang paling berkesan bagi saya. Metode ini khususnya bermanfaat untuk mengingat tanggal, tahun, dan apapun yang berhubungan dengan angka. Jikalau tanggal yang dihafal menyangkut sebuah peristiwa, peristiwa itu pun sekaligus bisa dihafal juga. Menarik sekali bukan?

Metode yang saya maksud adalah mengkodifikasi angka ke dalam huruf-huruf khusus. Selanjutnya, huruf-huruf tersebut kita rangkai menjadi sebuah kata. Lebih lanjut lagi, kita buat kalimat yang utuh untuk menghubungkan tanggal dengan peristiwa yang bersesuaian.

Sebagai contoh, saya akan coba hafalkan fakta yang terdapat pada kalimat berikut ini:

Bulan Februari tanggal 18 merupakan Hari Pluto, hari ulang tahun penemuannya pada tahun1930. (hal.150)

Pertama, saya mengkodifikasi dulu angka-angka yang terdapat pada kalimat tersebut yaitu 18 Februari 1930 alias 18-2-1930. Dengan aturan kode angka Dr. Fry, 18-2-1930 saya kodifikasi menjadi TF-N-TPMS yang kemudian saya bentuk menjadi kalimat TaiFuN ToP MaSsage. Untuk mengasosiasikannya dengan penemuan Pluto, saya buat kalimat seperti ini:

Di Pluto telah ditemukan tempat pijat profesional yang bernama Taifun Top Massage.

Asyik yah.. semakin unik kalimat yang dibuat, akan semakin lama nyantholnya. Lebih lanjut tentang kode-kode angka DR. Ron Fry dan juga metode-metode lainnya untuk menghafal, bisa dibaca sendiri ya di buku ini.

Buku ini dibagi ke dalam tiga bagian. Bagian pertama merupakan tantangan hafalan yang bisa dilakukan sebelum kita membaca buku ini. Bagian kedua menjabarkan berbagai metode menghafal yang merupakan inti dari buku ini. Metode-metode yang disebutkan disertai dengan soal-soal latihan untuk menguji pemahaman kita. Adapun bagian ketiga penuh berisi berbagai tantangan hafalan untuk pembaca dengan mempraktikkan berbagai metode yang telah dipelajari dalam buku ini. Bandingkan kemampuan menghafalmu sebelum dan setelah mempelajari isi buku ini.

Secara umum, buku ini sangat menarik dan bermanfaat meskipun pembahasannya kadang-kadang membuat saya mengantuk. Setidaknya, setelah membaca buku ini, Anda tidak akan kehabisan akal untuk menghafal nomor yang panjang dan acak sekalipun.

Leave a Reply

