Review Buku

Hal-Hal Mengejutkan di Negeri Tirai Bambu

Shocking China via sophiemu.com

Shocking China via sophiemu.com

Judul Buku: Shocking China
Penulis: Sophie Mou
Penerbit: B First – Bentang Pustaka
Cetakan, Tahun Terbit: I, Januari 2013
Jumlah Halaman: 150 halaman

Saya memperoleh buku ini dengan harga Super Muraaah! Buku ini merupakan bagian dari serial Shocking yang saat ini sudah ada empat judul. Aslinya, harga setiap buku dari serial ini yaitu Rp34.000,-. Nah, di lelang yang diselenggarakan oleh komunitas Blogger Buku Indonesia (BBI), saya memperoleh paket Shocking berisi tiga judul buku dengan harga Rp24.000,- saja. Artinya, bisa dibilang kalau saya dapat harga Rp8.000,- per buku. Super murah kan?

Lalu bagaimana dengan isinya? Pertama, buku ini termasuk genre yang saya suka. Kedua, ternyata isinya memang bagus! Sesuai dengan judulnya, isinya memang mengejutkan. Berikut ini adalah beberapa bagian yang mengejutkan saya (no spoiler).

1.WC umum

Kalau mendengar cerita para sesepuh yang pernah pergi ke Cina, ada 2 versi cerita yang kontradiktif. Versi pertama adalah cerita orang yang ke Cina sebelum Olimpiade Beijing. Adapun versi kedua adalah cerita mereka yang me Cina pasca Olimpiade Beijing. Versi pertama menceritakan tentang joroknya negeri ini, sedangkan versi kedua menceritakan betapa bersih dan modern negeri Cina. Nah, bagaimana pendapat Sophie Mou yang tinggal di Cina selama setengah dasawarsa terakhir ini? Apakah Cina memang sudah bersih ataukah masih jorok, khususnya untuk masalah toilet umum ini? Sebersih atau sejorok apa sih? Jawaban yang mengejutkan tersaji di dalam buku ini.

2. Harga barang di Silk Market

Semua orang sudah tahu kalau barang-barang Cina itu murah, tapi seberapa murah? Ketika Anda bertransaksi di pasar dan hendak menawar, biasanya di harga berapa mulainya? 50% dari harga awal? 40%? Jika akhirnya barang incaran Anda berhasil Anda peroleh dengan harga tersebut, senangkah Anda? Jika jawabannya adalah iya, siap-siaplah untuk ditertawakan orang Cina dan terkejutlah membaca buku ini.

3. Kuliner Sang Kaisar

Dalam satu waktu makan, berapa menu terbanyak yang pernah dihidangkan kepada Anda? 3? 5? 7? 10? Semua itu belum bisa mengalahkan menu makan malam Kaisar Cina yang super banyak. Berapa? Yang jelas, dua digit tidak cukup. Uwooooo, wow banget kan? Dan itu dilakukan setiap hari, setiap malam. Sophie Mou di sini menceritakan pengalamannya makan malam dengan menu kaisar, tentu saja di rumah kaisar.

4. Bangsa Pemakan Segala

Kalau ini sebenarnya sudah tahu lama dari TV. Ada asumsi bahwa orang Cina adalah pemakan segala. Kodok, ular, kalajengking, laba-laba,… Semuanya bisa mereka makan. Asumsi ini tidak sepenuhnya salah karena ternyata, kata Sophie, di masyarakat beredar prinsip “Asal punggung menghadap ke langit dan mempunyai kaki, semua bisa dimakan”. Namun hal ini tentu tidak sepenuhnya benar karena di Cina juga ada suku-suku yang mayoritas beragama Islam. Nah, kalau mesti ke Cina nih, sepertinya mesti menyempatkan untuk mengunjungi salah satu dari suku muslim tersebut. Oh, iya.. Tahukah Anda jika seorang warga Cina pindah agama ke Islam namun bukan karena faktor keturunan,maka pemerintah Cina akan menginvestigasinya? Bukan apa-apa, dengan memiliki tambahan warga yang beragama Islam, pemerintah juga harus memperhitungkan lahan yang diperlukan untuk pemakaman muslim.

Sebenarnya hampir semua bab dalam buku ini sangatlah menarik dan cukup mengejutkan, tapi tidak mungkin kan saya tampilkan semua? Kalau penasaran, sebaiknya memang harus baca sendiri buku ini. :)

Anda menyukai tulisan ini? Ikuti blog ini melalui email untuk memperoleh update setiap ada tulisan baru, klik tombol Follow di sidebar.

Advertisements

3 thoughts on “Hal-Hal Mengejutkan di Negeri Tirai Bambu

  1. Pingback: Salut, Tantangan Keren di Tahun 2014 | makanbuku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s