Review Buku

Sisi Lain Mesir yang Menakjubkan

shocking egyptJudul Buku: Shocking Egypt
Penulis: Muhlashon Jalaluddin
Penerbit: B-First Bentang Pustaka
Cetakan, Tahun Terbit: I, Oktober 2012
Jumlah Halaman: viii + 156 halaman

 

Kalau kesan yang saya peroleh saat membaca Shocking China adalah ‘terkejut’, maka kesan yang saya peroleh dari Shocking Egypt adalah ‘takjub’. Iya, takjub. MasyaaAllaah…

Ternyata ada banyak hal menakjubkan di Mesir. Mesir bukan hanya tentang piramida, Sphinx, padang pasir, atau Sungai Nil. Banyak hal yang menjadi keseharian di Mesir, yang jarang diungkapkan oleh media, namun menakjubkan euyy…

Beberapa hal di bawah ini adalah beberapa poin menakjubkan dari Mesir selain piramida dan Sphinx:

  1. Jus mangga selalu ada di Mesir sepanjang tahun. Jus mangga di sini benar-benar sangat segar. Kata Muhlashon, rasanya bagaikan hanya menyeruput mangga saja. Bagai tidak ditambahi air. Pertanyaannya, bagaimana mereka memperoleh mangga segar sepanjang tahun? Bagaimana menyimpannya agar rasa tidak berubah dan tetap segar? Padahal sebagaimana di belahan lain dunia ini, musim mangga di Mesir ya hanya 3-4 bulan. Jawabnya ada di buku ini.
  2. Sebagaimana di Arab Saudi, orang Mesir juga berlomba-lomba menyediakan sajian buka puasa selama bulan Ramadhan. Bukan sekadar memberikan ta’jil di masjid, tapi bahkan sampai mendirikan tenda-tenda untuk menjamu siapapun yang lewat di jalan dan singgah. Nah, Anda tertarik untuk menjadi pemburu makanan gratis ini selama Ramadhan? Hati-hati jangan sampai mengalami peristiwa tidak mengenakkan seperti seorang teman Pak Muhlashon.
  3. Orang Mesir sangat mengharapkan berkah atas kehidupannya. Sampai-sampai untuk membuat makanan pokoknya, mereka mendirikan shalat mutlak dua rakaat dulu.
  4. Bangunan-bangunan peninggalan zaman Fir’aun yang begitu megah dengan ukiran-ukiran batu yang sangat simetris, semuanya dikerjakan dengan tangan.

Itu baru beberapa saja. Belum lagi tentang bermain ski di pasir, berendam di kolam Fir’aun, dan masih banyak lagi. Selain banyak hal menakjubkan, ada juga yang bikin terkejut dan terheran-heran. Bagaimana ceritanya? Tidak akan asyik kalau Anda tidak baca sendiri buku ini.

Saya beruntung karena tabah untuk melanjutkan membaca buku ini karena pada bagian-bagian awal buku ini sangat membuat saya bosan. Mungkin karena saya bukan orang yang tertarik dengan politik sehingga kisah-kisah awal buku ini yang berkaitan dengan reformasi Mesir jadi membosankan untuk saya. Namun begitu masuk ke pembahasan kuliner dan traveling.. Wah, menakjubkan! Gaya bercerita Muhlashon lebih memukau daripada Sophie di Shocking China. Jadi jika Anda membeli paket Shocking yang China dan Egypt, saya sarankan untuk baca yang China dulu baru yang Egypt. Jadi nanti kesannya adalah bagus dan bagus.
Oh iya, sebaimana buku Shocking China, saya pun beruntung karena buku ini terbeli dengan harga murah: Rp8.000,- (harga asli Rp34.000,-).

Advertisements

2 thoughts on “Sisi Lain Mesir yang Menakjubkan

  1. Pingback: Salut, Tantangan Keren di Tahun 2014 | makanbuku

  2. Pingback: Shocking Jepang : Tidak Mengagetkan, Tapi Menarik | makanbuku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s