Review Buku

Khasiat dan Manfaat Tanaman Berkhasiat Obat.

Kembali ke Alam#1Judul Buku: Kembali ke Alam, Khasiat dan Manfaat Tanaman Berkhasiat Obat (Jilid 1)
Penulis: Abu Muhammad Faris al-Qiyanji dan Shinse Suparisno, BRM, Qti
Penerbit: Naashirussunnah
Cetakan, Tahun Terbit: I (Edisi Revisi), Februari 2013
Jumlah Halaman: 238 halaman

Shinse Abu Muhammad adalah seorang pakar herbal yang rutin megisi kajian Pengobatan Tradisional di Radio Rodja. Sungguh menyenangkan ketika mendengar beliau menerbitkan buku pengobatan tradisionalnya dan akhirnya saya dapat membelinya. Buku tersebut ditulis dalam dua jilid. Kali ini saya bahas yang jilid pertama dulu.

Buku ini bukan hanya berisi resep-resep obat tradisional, namun juga berisi tentang pengetahuan pengobatan tradisional itu sendiri. Banyak hal yang baru saya ketahui setelah membaca buku ini terkait dengan pengobatan tradisional. Sebagai contoh, kita biasa mendengar pemanfaatan buah, bunga, daun, kulit pohon, hingga akar suatu tanaman sebagai bahan obat tradisional. Ternyata, untuk memanfaatkan bagian-bagian tersebut sebagai obat tradisional, kita tidak bisa sembarang petik.

Misalnya, daun.. Tidak sembarang daun bisa kita petik untuk melengkapi sebuah resep obat tradisional. Agar berkhasiat sebagai obat, daun harus dipetik sewaktu tanaman berbunga dan sebelum buah masak. Daun dikumpulkan saat tumbuh maksimal, tetapi tidak setelah kena hujan. Contoh lainnya, bunga. Bunga berkhasiat obat ketika dipetik sebelum atau segera setelah mekar. Nah, pengambilan bagian-bagian yang lain juga diterangkan dalam buku ini.

Selain itu, untuk membuat sebuah resep obat tradisional, seringkali resep perlu diolah seperti merebus, mengeringkan, menumbuk, dan lain-lain. Nah, proses-proses tersebut pun juga ada tata caranya.. Tidak asal rebus, jemur, ataupun tumbuk. Saya pun memperoleh pengetahuan baru tentang beberapa satuan ukuruan dan konversinya, seperti, keti, liang, dan qian. Lebih jauh lagi, aturan waktu peminuman obat pun ternyata berbeda-beda. Bahan yang sama dapat memiliki khasiat yang berbeda jika dikonsumsi di waktu yang berbeda. Demikian pula, proses pengolahan bahan dapat berfungsi untuk menghilangkan efek negatif dari bahan atau bahkan bertujuan untuk mengubah khasiat. MasyaaAllaah… Benar-benar buku yang sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan, insyaaAllaah.

Di dalam buku jilid pertama ini, dibahas 8 jenis tanaman berkhasiat obat yaitu: Adas, Asam Jawa, Bawang Merah, Bawang Putih, Cengkeh, Cabai, Jahe, dan Kayu Manis. Pada setiap bahan, diberikan deskripsi tanaman, sifat dan kandungan tanaman, manfaat umum, nama padananannya dalam berbagai bahasa, serta berbagai resep pengobatan penyakit dengan memanfaatkan tanaman tersebut.

Pengobatan tradisional sendiri merupakan resep yang diwariskan secara turun temurun menggunakan bahan-ahan yang tersedia di alam. Kendala dari pengobatan tradisional secara umum adalah bahwa kebanyakan belum diuji secara klinis, dosis tidak terukur, dan pedoman yang berdasarkan ‘katanya-katanya’. Nah, buku ini memiliki kelebihan karena disusun oleh ahli herbal yang menuntut ilmu secara formal tentang obt-obatan herbal. Bahan dan resep yang disajikan di dalam buku ini seluruhnya telah teruji secara klinis, insyaaAllaahu ta’ala. Di penghujung pembahasan, selalu disertakan referensi-referensi penelitian ilmiah terkait dengan bahan yang dibahas.

Dengan pembahasan yang renyah dan cetakan full color, buku ini menyenangkan untuk dibaca dan sangat diperlukan dalam koleksi pribadi. Buku dengan perpaduan warna hijau menyejukkan ini dapat menjadi semacam pedoman pertolongan pertama untuk keluarga ketika sakit melanda. Satu hal yang menarik dari judul buku ini adalah penggunaan istilah ‘Tanaman Berkhasiat Obat’ dan bukannya ‘Tanaman Obat’ saja sebagaimana yang lazim digunakan. Menurut saya, istilah yang digunakan di sini memang tepat karena tanaman-tanaman yang dibahas di sini memang biasanya tidak dikenal sebagai tanaman obat melainkan tanaman bumbu dapur :D. Lalu ternyata, betapa Maha Besar Allah yang menciptakan segala sesuatu dengan manfaat, tanaman-tanaman tersebut pun memiliki khasiat obat. Akhir kata, semoga Allah memberkahi shinse Abu Muhammad dan Shinse Suparisno dengan ilmunya.

Advertisements

One thought on “Khasiat dan Manfaat Tanaman Berkhasiat Obat.

  1. Pingback: Salut, Tantangan Keren di Tahun 2014 | makanbuku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s