Reading Challenge

Salut, Tantangan Keren di Tahun 2014

Selain History Reading Challenge dan Goodreads Reading Challenge, ada satu lagi tantangan yang saya ikuti pada tahun 2014. Dialah Lucky no. 14 Reading Challenge yang diselenggarakan oleh mbak Astrid. Pada tantangan ini, peserta diajak untuk membaca dan mereview buku dari 14 kategori yang berbeda. Seru ya, tantangan ini bisa memaksa diri saya untuk membaca buku yang awalnya malas dibaca. Yeah, saya sekarang-sekarang ini agak malas baca buku fiksi.. Tantangan ini kembali menyadarkan saya bahwa buku fiksi ada juga yang seru dan sangat berisi. Walau tetep, non fiksi masih jadi favorit saya. Jadi di tantangan ini pun banyak yang saya ambil dari buku non fiksi.

Seperti biasa, di awal tantangan saya merencanakan buku apa saja yang akan dibaca dan berubah seiring waktu berjalan. Nah, untuk Lucky no. 14 Reading Challenge, berikut ini perbandingan antara rencana dan realisasi (Untuk melihat review dari saya, klik judul buku pada poin Realisasi):

1. Visit the Country (Buku dengan setting negara yang ingin dikunjungi)
Rencana: ar-Raheeq al-Makhtum by Shafiur Rahman al-Mubarakfuri
Realisasi: Atlas Hadits by Dr. Syauqi Abu Khalil
Kesan: Tadinya ingin menyelesaikan ar-Raheeq al-Makhtum, tapi selanjutnya tergoda dengan bagusnya grafis dan visualisasi dari Atlas Hadits.

2. Cover Lust (Buku dengan cover yang menarik)
Rencana: Aussie Etiket by John O’Grady
Realisasi: Aussie Etiket by John O’Grady
Kesan: Really recommended book buat yang mau tahu budaya umum di Australia sebelum berkunjung ke sana. Penting agar tidak salah dalam bersikap.

3. Blame It On Other Blogger (Buku yang direkomendasikan oleh blogger lain)
Rencana: Insiden Anjing by Mark Haddon
Realisasi: Insiden Anjing by Mark Haddon
Kesan: Buku fiksi yang sangat menarik namun saya menemukan beberapa pesan yang cacat dalam buku tersebut. Saya tidak menyarankan buku ini untuk dibaca oleh anak-anak.

4. Bargain All The Way (Buku yang dibeli dengan harga murah)
Rencana23 Spesial Teknik Manipulasi Photoshop by Insaf Idul Khoiri
Realisasi:
#1 Shocking China by Sophie Mou
#2 Shocking Egypt by Muhlashon Jalaluddin
Kesan: Alasan saya beralih dari rencana ke realisasi adalah karena harga buku-buku yang jadi saya baca memang jauh lebih murah dari buku yang direncanakan. Bahkan jika harga dua buku itu digabung, totalnya masih lebih murah daripada buku yang direncanakan. Jadi buku yang direalisasikan lebih sesuai dengan kategori. Meski murah, isinya sangat OK kok.

5. (Not So) Fresh From the Oven (Buku baru yang sudah cukup lama disimpan di rak buku kita)
Rencana: Nanny 911 by Deborah Carol
Realisasi: Tidak ada buku yang selesai dibaca
Kesan: Nanny 911 sudah mulai dibaca sejak awal tantangan, tapi belum pernah selesai sampai tantangan ini berakhir.

6. First Letter’s Rule (Huruf pertama pada judul buku sama dengan huruf pertama nama kita)
RencanaKepada Wanita Muslimah by Muhammad Rasyid al-‘Uwayyid
Realisasi: Kembali ke Alam, Khasiat dan Manfaat Tanaman Berkhasiat Obat by Shinse Abu Muhammad Faris al-Qiyanji dan Shinse Suparisno
Kesan: Buku yang sangat bermanfaat, insyaaAllaah. Patut dikoleksi di setiap rak buku keluarga, pedoman menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit menggunakan bahan-bahan alami dengan komposisi dan takaran baku yang telah diuji melalui riset ilmiah.

7. Once Upon a TIme (Buku yang pertama kali diterbitkan sebelum kita lahir)
Rencana: Di Tepi Sungai Plum by Laura Ingalls Wilder
RealisasiDi Tepi Sungai Plum by Laura Ingalls Wilder
Kesan: Buku yang pertama kali diterbitkan di Indonesia tahun 1981 ini jelas lebih tua dari saya. Selain itu, seri Little House memang salah satu seri favorit saya sedari dulu.

8. Chuncky Brick (Buku dengan tebal lebih dari 500 halaman)
Rencana: Balthassar’s Oddysey by Amin Maalouf (619 halaman)
Realisasi: Doctors by Erich Segal (960 halaman)
Kesan: Yang menyebabkan saya beralih dari judul rencana ke judul realisasi adalah karena topiknya jauh lebih menarik, lebih sesuai dengan genre bacaan saya, dan bahasanya juga lebih mudah saya pahami. Bravo for Doctors!

9. Favorite Author (Buku yang ditulis oleh penulis favorit)
Rencana: Kisah Shahih Para Nabi by Ibnu Katsir
Realisasi: Tidak ada buku yang diselesaikan
Kesan: Tanggal 31 Desember 2014, saya baru separuh jalan dalam menyelesaikan buku ini.

10. It’s Been There Forever (Buku yang sudah lama nangkring di rak tapi belum pernah dibaca)
Rencana: Maria van Engels by Alwi Shahab
Realisasi: Maria van Engels by Alwi Shahab
Kesan: Menyenangkan ketika menelusuri berbagai tempat di Jakarta dan mengetahui sejarah tempat tersebut di masa lampau.

11. Movies vs Books (Buku yang difilmkan atau sebaliknya)
Rencana: Beautiful Mind by Sylvia Nasar
Realisasi: Accidental Billionaires by Ben Mezrich
Kesan: Sebenarnya saya sangat suka film Beautiful Mind, tapi bukunya yang super duper tebal dengan tulisan yang kuecil-kuecil membuat saya beralih ke Accidental Billionaires yang lebih tipis meski saya belum nonton filmnya (The Social Media).

12. Freebies Time (Buku yang diperoleh secara gratis)
Rencana: Fantastic Beasts & Where to Find Them by Newt Scamander
RealisasiFantastic Beasts & Where to Find Them by Newt Scamander (sebenarnya sih J. K. Rowling)
Kesan: Huoo… buku ini benar-benar super super fiksi.. Isinya fiksi, penulisnya fiksi, penerbitnya fiksi, harganya fiksi..

13. Not My Cup of Tea (Buku yang bukan gue banget)
Rencana: Wajah Sebuah Vagina by Naning Pranoto
Realisasi: Tidak ada buku yang dibaca
Kesan: Sungguh benar-benar bukan buku yang saya lirik, apalagi untuk dibeli dan dibaca. Melihatnya judulnya saja saya sudah ngeri. Alhasil, saya tetap tidak membaca buku tersebut dan meninggalkan kategori ini (tidak tertarik mencari judul buku lain). Sorry mbak Astrid.

14. Walking Down the Memory Land (Buku kenangan semasa kecil)
Rencana: Petualangan STOP (apapun judulnya) by Stefan Wolf
Realisasi: Petualangan STOP: Rahasia Villa Kuno by Stefan Wolf
Kesan: Menyenangkan sekali menelusuri kembali kenangan masa kecil dengan membaca buku ini. Apalagi, buku ini bukan sekadar buku masa kecil. Buku ini juga membawa saya menemukan sahabat-sahabat terbaik saya semasa sekolah. Plus…. Rahasia Villa Kuno merupakan judul yang pertama kali saya baca untuk seri petualangan STOP.

Nah, alhamdulillah selesai juga wrap up untuk Lucky no. 14 Reading Challenge. Dari target 14 buku, saya baca dan mereview 12 buku (8 non fiksi, 4 fiksi). Dari 14 kategori, saya selesaikan hanya 11 kategori. By the way, challenge ini sangat menyenangkan dan sesuai dengan visi saya tahun lalu untuk mulai baca-baca buku lagi. Tantangan ini membuat saya menemukan kembali buku genre apa yang suka saya baca dan membuka pandangan tentang genre lain yang sebelumnya terabaikan. Terima kasih mbak Astrid telah menyelenggarakan tantangan ini. Menurut saya, tantangan ini keren banget, sangat OK untuk membangkitkan minat baca. :)

2 thoughts on “Salut, Tantangan Keren di Tahun 2014

Leave a Reply

