Reading Challenge

Yuk, Baca Buku Non Fiksi!

bacabukuAlhamdulillah, blog buku ini telah melewati satu tahun perjalanan. Sejak pertama diisi, tak lama kemudian langsung saya daftarkan ke Blogger Buku Indonesia (BBI). Setelah melewati berbagai fit and proper test, blog ini pun diterima di BBI sembilan bulan kemudian. Alhamdulillah, sudah kaya’ ibu-ibu melahirkan saja ya.. Rasanya juga mirip :D (senang dan lega). Sudah susah-susah diperjuangkan, sudah selayaknya jika blog ini dijaga sebagai bentuk rasa syukur toh.. Oleh karena itu, perkenankan saya membuat sebuah reading challenge untuk umum ya (bukan cuma untuk blogger). Karena ini pertama kalinya saya bikin challenge, harap dimaklumi jika masih banyak bolong di sana-sini. :D

Melalui tantangan ini, saya ingin berbagi bahwa (ternyata) membaca buku non fiksi tuh asyik lho! Percaya nggak? Saya bisa bilang begini karena dulunya saya juga penggemar buku fiksi. Setelah mencicipi baca buku non fiksi, ternyata saya malah ketagihan. Beneran nih, karena buku non fiksi juga sangat luas.. Ada biografi, memoir, sejarah, ulasan sains, tutorial, buku resep, buku agama, politik, ekonomi… sampai text book kuliah! Tinggal pilih mana yang sesuai dengan minat. Saya sendiri kadang masih baca buku fiksi sih, tapi sudah sangat jarang.

Nah, bekerja sama dengan Ini Elektro, saya ingin mengajak teman-teman untuk turut merasakan nikmatnya baca buku non fiksi. Tantangan ini dapat diikuti oleh teman-teman semua, baik yang punya blog maupun tidak dan tidak harus membuat review. :D Iya, tidak harus membuat review karena tujuan dari tantangan ini untuk menyebarkan virus baca buku non fiksi. Hehe.. Untuk itu, saya membagi tantangan ini dalam dua kategori: Reviewer dan Reader. Berikut adalah ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Ketentuan Umum

  1. Peserta memiliki blog/akun Facebook/Goodreads.
  2. Buku/e-book yang didata adalah e-book/buku nonfiksi yang dibaca selama tahun 2015. Jurnal/majalah tidak masuk ke dalam kriteria.
  3. Mendaftarkan URL akun (URL blog/Facebook/Goodreads) melalui form berikut ini. Pendataan ini diperlukan agar jumlah peserta dapat terhitung dengan jelas. Pendaftaran dibuka sampai 1 Desember 2015. Jika sudah pernah mendaftar lalu ingin pindah kategori, boleh mengisi ulang form pendaftaran. Data yang diambil adalah data yang terakhir.
  4. Memiliki alamat pengiriman hadiah di Indonesia.
  5. Tidak harus membuat master post (kalau mau buat ya boleh saja).
  6. Follow blog ini atau Like halaman Facebook Ini Elektro untuk memperoleh update tentang tantangan ini dan juga info-info lain yang bermanfaat (tidak wajib).

Ketentuan Khusus

Kategori Reviewer

  • Membuat review buku non fiksi yang dibaca selama tahun 2015. Review boleh ditulis di blog, notes FB, ataupun Goodreads.
  • Masukkan link review yang sudah dibuat ke link berikut ini: Link Review Buku Non Fiksi (YBBNF 2015)Review ditunggu sampai 5 Januari 2016.
  • Membuat wrap up post dan memasukkan link tulisan tersebut ke Link Wrap Up YBBNF 2015. Wrap up (via blog/FB) ditunggu sampai 10 Januari 2016. Selain berisi list buku-buku yang telah dibaca, wrap up post diharapkan mengungkapkan juga genre buku yang disukai serta kesan/pesan atas tantangan ini.
  • Notes: bagi yang menulis review/wrap up via FB, pastikan post tersebut di-set untuk public.

Kategori Reader

  • Share buku non fiksi yang sudah dibaca selama tahun 2015 melalui kolom komentar di post ini. Komentar meliputi identitas buku (judul, pengarang, penerbit) dan kesan/opini kamu tentang buku tersebut. Kesan/opini ditunggu sampai 31 Desember 2015.

Contoh: Tiga Risalah Shalat (Syaikh Abdul Aziz Abdullah bin Baz, Penerbit Al-Qawam). Buku ini mungkin kecil dan ringkas (72 halaman) tetapi merupakan buku yang sangat bermanfaat, insyaaAllaah. Di dalamnya kita jadi tahu bacaan-bacaan yang mudah terkait dengan ibadah Shalat dan, yang lebih penting, sesuai dengan dalil-dalil shahih. Sangat cocok dibaca untuk kita-kita yang sedang belajar tata cara shalat yang sesuai sunnah, yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam.

Kriteria Penilaian

  • 6 bulan pertama, akan dipilih peserta paling semangat dari setiap kategori. Penilaian dilihat dari bayaknya review/buku yang dibaca untuk tantangan ini. Jika ada yang jumlahnya sama, akan dilihat dari kualitas review/opini yang diberikan. Pemenang peserta paling semangat insyaAllah akan diumumkan tanggal 20 Juni 2015.
  • Untuk hadiah utama yang akan diberikan di akhir tantangan, kriteria utama dilihat dari kualitas opini/review. Baru setelahnya, kuantitas dapat dipertimbangkan. Pemenang diumumkan tanggal 15 Januari 2016, insyaaAllahu ta’ala.
  • Jurinya? Saya sebagai host :D

Hadiah

  • Pemenang paling semangat (6 bulan pertama): Merchandise dari Ini Elektro
  • Hadiah Utama Kategori Reader: Belanja buku di toko buku online Indonesia, maksimal Rp120.000,- (belum diskon) + merchandise dari Ini Elektro
  • Hadiah Utama Kategori Reviewer: Belanja buku di toko buku online Indonesia, maksimal Rp200.000,- (belum diskon) + merchandise dari Ini Elektro

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, daftar dan mulai baca buku-buku non fiksimu! Untuk tantangan baca buku non fiksi, Non Fiction Reading Challenge 2015 yang digagas mbak Evyta juga patut untuk dicoba lho! Untuk tantangan lain, post ini memuat daftar tantangan yang saya ikuti selama tahun 2015.

ersama-sama kita sebarkan virus baca buku non fiksi. :)

Daftar Peserta Hingga Saat ini

Kategori Reader

  1. Yuli
  2. Marina Fariza
  3. Ikhwanul Kholis
  4. Eka Febrianti
  5. Nurmala Fauzan
  6. Haurajahra

Kategori Reviewer

  1. Kirana @ Makan Buku
  2. Imam Askolani @ Goodreads
  3. Priska
  4. Rico Martha
  5. Marha
  6. Norlatifah Octavia
  7. Ade Delina Putri
  8. Fanny Ferawati
  9. Rany Dwi Tanti
  10. Jiah al-Jafara
  11. FJ Ismarianto

Rekap Review Buku

Rekap Wrap Up

Advertisements

38 thoughts on “Yuk, Baca Buku Non Fiksi!

  1. Pingback: Tantangan-Tantanganku Tahun 2015 (Master Post) | makanbuku

  2. Pingback: Tantangan Baca Buku Non Fiksi

  3. Pingback: YBBNF Giveaway | makanbuku

  4. Pingback: [Master Post] Tantangan Buku 2015 | Buana Ria

  5. Buku berjudul Orang Jujur Tidak Sekolah terbitan Bentang Pustaka ini sungguh menginspirasi. Ditulis oleh Andri Rizki Putra, lulusan Fakultas Hukum, Universitas Indonesia, buku ini menyuguhkan sajian tentang pendidikan Indonesia. Utamanya tentang kejujuran yang mulai terdegradasi. Dalam buku bersampul kuning tersebut, Rizki menceritakan pengalaman pahitnya selama menjalani sekolah. Mulai dari sulitnya membayar spp hingga legalnya aksi menyontek massal ketika UN berlangsung. Hingga kemudian, ia memilih untuk tak lagi melanjutkan pendidikan formal sewaktu SMA. Banyak kata-kata motivasi yang akan menggugah semangat kita untuk maju dan terus berlaku jujur.

    Liked by 2 people

  6. Bulan Januari 2015 ini ada 20 judul buku Non fiksi yang telah berhasil saya baca yang sudah saya masukkan ke shelves saya di Goodreads berikut :

    https://www.goodreads.com/review/list/17834354-marina-zala?shelf=ybbnf-2015

    Dari 20 buku itu saya memilih 5 buku yang akan saya berikan opini/komentar :

    1. Buku berjudul Angsa-angsa Liar terbitan Gramedia Pustaka Utama yang ditulis oleh Jung Chang adalah memberikan inspirasi dan perspektif bagaimana tentang kondisi kehidupan di China saat dimana Jung Chang harus tumbuh di dua paham yang bertentangan yaitu Komunisme dengan Mao Zedong dan Republik oleh Chiang Kai Shek sehingga dimana kita ketahui saat ini dua kubu politik di China masih tetap bersiteru Paham Komunisme yang bercokol di china dan Republik yang bercokol di Taiwan.

    2. Buku Berjudul Titik Nol Terbitan GPU yang ditulis oleh Agustinus Wibowo memberikan inspirasi dari perjalanan backpackernya yang bisa dibilang berbeda dengan kebanyakan backpacker lainnya karena ia menempuh negara-negara yang memiliki risiko tinggi seperti Nepal, pakistan, Afganistan dan dalam perjalanannya ia belajar akan makna dari kehidupan, kemanusiaan dan spiritual

    3. Buku Berjudul The Romanov sisters: The Lost Lives of the Daughters of Nicholas and Alexandra terbitan St. Martin Press yang ditulis oleh Helen Rapport memberikan gambaran kehidupan keluarga Tsar Nicholas dan Tsaritsa Alexandra hingga akhir kehidupan mereka yang tragis. Disini kita juga mengetahui kisah masing-masing kehidupan empat bersaudara Olga, Tatiana, Maria dan Anastasia yang memiliki karakter dan sifat masing-masing.

    4. Buku Berjudul The Little Captive : How one girl survived a Japanese Prisoner of War camp Terbitan Pan books yang ditulis oleh Lise Kristensen berdasarkan kisah pengalamannya dan keluarganya sendiri. Sebuah keluarga Norwegia yang bertempat tinggal di Indonesia tahun 1940an. Malang nasib mereka dibuku ini dikisahkan bahwa mereka sekeluarga ditangkap oleh tentara Jepang yang saat itu menjajah Indonesia dan diperlakukan seperti layaknya budak hingga mereka bisa membebaskan diri

    5. Buku berjudul Desert Flower: The Extraordinary Journey of a Desert Nomad (Bunga Gurun Pasir: Perjalanan Luar Biasa Seorang Pengembara Gurun) (Desert Flower) terbitan Elex Media Komputindo yang ditulis oleh kisah nyata dari Waris Dirie mengisahkan perjalanan seorang gadis Somalia yang hidup di gurun pasir yang berusaha survive dengan menjadi pembantu rumah tangga, pekerja restoran cepat saji hingga berhasil menjadi supermodel

    Liked by 1 person

  7. Pingback: Jodohku, Inilah Proposal Nikahku | Delina's Book

  8. Agar Bidadari Cemburu Padamu karya Salim A. Fillah, Penerbit Pro-U Media.
    Membaca buku dengan tebal 254 ini memberikan pengetahuan sejarah baru bagi saya. Khususnya tentang wanita-wanita hebat zaman Nabi Muhammad dan khalifah sesudahnya. Pasalnya, Salim menyuguhnya kisah-kisah hebat mereka dengan gaya penuturan yang mudah dipahami. Selain berkisah tentang wanita-wanita hebat, diawal-awal buku ini, Salim menjelaskan tentang betapa mulianya seorang wanita, hingga cara-cara agar bagaimana membuat bidadari cemburu. Berbeda dengan buku agama lainnya, buku ini selain berisi potongan ayat al-Qur’an dan hadits juga diselipi dengan penggalan syair atau nasyid sehingga membuat pembaca tidak bosan.

    Liked by 1 person

  9. Pingback: Majo & Sady: Parodi Kehidupan Rumah Tangga | Delina's Book

  10. Saya sudah membatja buku non-fiksi kok tetep aja lebih suka dengan buku fiksi ya? Emang rasa tak pernah bohong (?) #bukan-iklan xD

    Tapi karena di TBR saya lagi ada “banyak” buku nonfiksi saya akan mentjoba mengikuti tantangan membatja ini :D *bookmark dulu tapi, baru tau soal RC ini pas di waktu mepet, hahah*

    Salam kenal ya, Kirana :D

    Btw, nama blog kita punya arti yang nyaris sama lho :))

    Like

    • Mungkin masih belum terlalu terjerumus dan meresapi dunia buku non fiksi sampai dapat mencecap rasa nikmatnya, bang :p :p :p

      Sip, sip.. ditunggu registrasinya. Btw, salam kenal juga bang Juni.. kita kan sebelum ini sudah beberapa kali saling berkirim komentar, kebanyakan di Wishful Wednesday. :D

      Like

  11. Pingback: Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus untuk Bersiap untuk Akhirat | Delina Books

  12. Pingback: Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus untuk Bersiap Menuju Akhirat | Delina Books

  13. Pingback: The Miracle of Enzyme: Enzim dan Gaya Hidup Sehat | Delina Books

  14. Pingback: Be a Great Muslimah: Syar’i, Berprestasi, Menginspirasi | Delina Books

  15. Pingback: Salon Kepribadian: Jangan Nyebelin Ya! | Delina Books

  16. Buku nonfiksi yang bulan ini ‘berhasil’ saya selesaikan berjudul Sila Ke-6: Kreatif Sampai Mati. Buku tersebut dikarang oleh Wahyu Aditya dan diterbitkan oleh Bentang Pustakan dengan tebal kurang lebih 300 halaman. Buku tersebut membuat kita (yang membacanya) merasa perlu untuk bersikap kreatif. Karena dalam buku itu dijelaskan berbagai hal tentang kreatif dan mengapa kreatif itu perlu. Selesai membaca buku tersebut, membuat saya benar-benar merasa perlu untuk berlaku kreatif, dalam segala hal :D Desain buku dan isinya benar-benar seru dan kreatif, wajib dibaca nih :D

    Liked by 1 person

  17. Pingback: Panduan Lulus UKNI: Mengoptimalkan Kesiapan Ujian | Delina Books

  18. Pingback: Buya Hamka Berbicara tentang Perempuan: Mulianya Perempuan dalam Islam | Delina Books

  19. Pingback: Sadar Penuh Hadir Utuh: Hanya Butuh Hening Sejenak | Delina Books

  20. Pingback: Ketika Dhira Jatuh Cinta: Dari Hannover hingga Cordoba – Delina Books

  21. Pingback: Islam Liberal 101: Perang Pemikiran Liberalis – Delina Books

  22. Pingback: I Love Monday: Mengubah Hari Senin Sebagai Paradigma Baru – Delina Books

  23. Pingback: Hypnosis for Student: Belajar dengan Hipnotis – Delina Books

  24. Pingback: Peserta Paling Semangat: YBBNF 2015 | makanbuku

  25. Pingback: Karena Hidup (Tak Selalu) Indah: Menyikapi 1001 Masalah – Delina Books

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s