Reading Challenge

Tantangan-Tantanganku Tahun 2015 (Master Post)

Setelah sempat tersendat-sendat dalam kegiatan membaca buku di tahun 2013, alhamdulillah bisa bangkit lagi di tahun 2014. Pada Goodreads Reading Challenge, saya berhasil menuntaskan 20 buku dari target 12 buku. Adapun untuk History Reading Challenge, ada 5 yang berhasil dibaca dan di-review dari target 7 buku. Sementara Lucky no. 14 Reading Challenge, ada 12 buku yang direview dari target 14 buku, 11 kategori dari 14 kategori. Pertanyaannya, berapakah jumlah judul yang sama antara History Reading Challenge dan Lucky no. 14 Reading Challenge? *Loh, kok jadi soal matematika* Hehe.. bercanda, nggak usah dihitung beneran. 

OK, anyway by the way…. tantangan-tantangan di atas dulu saya ikuti dalam rangka memaksa diri untuk mencari waktu membaca di sela-sela tangis bayi, masakan di dapur, beres-beres rumah, mengajak main si kakak, dan lain-lain. Dengan hasil seperti di atas, saya pikir not bad lah walau tidak bisa disandingkan dengan para member BBI dan Goodreads lainnya yang bisa membabat 50-300an buku setahun. Nah, di penghujung tahun 2014, saya pikir saya nggak akan ikut reading challenge apapun (selain Goodreads) karena saya ingin baca buku-buku sesuka saya tanpa harus diwajibkan baca kategori ini itu. Apalagi, kebanyakan buku saya adalah non fiksi sementara kebanyakan tantangan baca nggak ada yang pure non fiksi. Saya sampai kepikiran untuk membuat tantangan baca sendiri di tahun 2015 ini. (Lihat dan join reading challenge dari saya, yuk!).

bacabuku

Nah, tetiba waktu blogwalking, saya menemukan tantangan baca yang menarik yang tidak mengkhususkan pada genre tertentu. Saya jadi tertarik untuk ikut tantangan lagi deh jadinya.. Ini dia tantangan yang membuat saya kepincut di tahun 2015: Joglosemar Tantangan Babat Timbunan 2015 dengan mbak Oky sebagai host. Iya, babat timbunan! Hihihi... Penyakitnya para pembaca buku biasanya memang menimbun buku, alias beli-beli tapi belum sempat dibaca sampai numpuk membentuk timbunan. Timbunan saya mungkin nggak terlalu banyak ya, tapi ya tetap saja ada. Untuk itu, harus segera dibabat sebelum tambah parah. Dari perhitungan saya, saat ini ada 22 buku dalam timbunan saya:

joglosemar

  1. Kisah Shahih Para Nabi (Jilid 1) oleh Ibnu Katsir (Tahqiq oleh Syaikh Salim bin ‘Ied al-Hilali)
  2. Ibunda Para Ulama oleh Sufyan bin Fuad Baswedan, MA
  3. Cita-Citaku: Aku Istimewa oleh Ken Najmi
  4. Aku Cinta Islam: Tauhid (Seri 1) oleh Nizar Sa’ad Jabal, Lc. M.Pd.
  5. Aku Cinta Islam: Tauhid (Seri 2) oleh Nizar Sa’ad Jabal, Lc. M.Pd.
  6. Aku Cinta Islam: Akhlak Mulia oleh Nizar Sa’ad Jabal & Aiman Umar Abdul Aziz
  7. Doa-Doa Pilihan: Doa dan Adab Bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits Shahih oleh Nizar Sa’ad Jaba, Lc. M.Pd.
  8. Metode Pendidikan Anak Muslim Usia Sekolah oleh Abu Amr Ahmad Sulaiman
  9. Ksatria Templar 1120-1312 oleh Helen Nicholson & Wayne Reynolds
  10. Perang Salib III 1191 Richard vs Shalahuddin oleh David Nicolle & Christa Hook
  11. Ksatria Muslim Dalam Perang Salib oleh David Nicolle & Christa Hook
  12. Ardennes 1944: Pertaruhan Terakhir Hitler oleh James R. Arnold
  13. Gladiator oleh Stephen Wisdom & Angus McBride
  14. Michael D. Ruslim: Lead by Heart oleh Wiwiek D. Santoso, dkk.
  15. Shocking Japan oleh Junanto Herdiawan
  16. Kastel oleh Nicholas Harris
  17. 100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Masa oleh Michael H. Hart
  18. The History of Java oleh Thomas Stamford Raffless
  19. Nanny 911 oleh Deborah Carroll dan Stellah Reid
  20. Boekoe Olah-Olah: Olah-Olahan Tiong Hwa oleh R.A. Soewarsi
  21. Boekoe Olah-Olah: Olah-Olahan Daharan Tjara Walandi oleh R.A. Soewarsi
  22. Palmboom Margarine Recepten oleh Anonim (Procter & Gamble – Indonesia)

OK, jadi semuanya non fiksi ya. Kemudian untuk Tantangan Babat Buku, saya menggunakan aturan berikut:

Saya harus membaca 5 buku dari timbunan di atas sebelum:

  • Membaca buku milik kakak/suami (karena biasanya rumput tetangga terlihat lebih hijau)

  • Membeli buku baru

Hmm... sampai di sini, saya jalan-jalan dulu di grup Blogger Buku Indonesia (BBI). Eh, ternyata nemu lagi tantangan yang klop banget saya minat saya: Nonfiction Reading Challenge (mbak Evyta sebagai host). Wah, pas banget! Ya sudah, sekalian ikut deh biar ramai. Jadi, fix tahun 2015 ini saya ikut 3 reading challenge (Goodreads, Babat Timbunan, dan Nonfiction) serta jadi host 1 tantangan (YBBNF, ikutan yuk!). Semoga bisa bermanfaat dan selesai sesuai target. Aamiin. :D

nonfiction-reading-challenge-2015

4 thoughts on “Tantangan-Tantanganku Tahun 2015 (Master Post)

  1. Pingback: Yuk, Baca Buku Non Fiksi! | makanbuku

  2. Pingback: Lucky no. 15 Reading Challenge (master post) | makanbuku

Leave a Reply

