Arabic / Kosakata Hari Ini

Shoodiq dan Shodiiq (صادق dan صديق)

True or false? (via sodahead.com)

True or false? (via sodahead.com)

Semalam, ada pembahasan tugas bahasa Arab. Di dalam tugas tersebut, ada beberapa kata baru yang belum diterangkan dalam kajian. Misalnya al-ishba’, azh-zhufr, dan ash-shodiiq. Sebagai variasi pembelajaran, admin grup tadi malam menerapkan sistem cepat tepat aliasdia sebutkan kata dan siapapun yang tahu artinya dipersilahkan untuk langsung menjawab. Seru!

Nah, sebelum sesi pembahasan, saya sudah sempat belajar dulu dan mencoba mencari tahu kata-kata baru yang saya temui. Karena saya belum memiliki kamus bahasa Arab, maka saya meminta bantuan kepada Google Translate (yang mana karenanya saya ditertawakan oleh suami saya, soalnya kadang artinya ngaco). Paling kacau adalah saat mencari makna ash-shodiiq (الصديق) . Suami saya sendiri tidak tahu maknanya, yang beliau tahu adalah ash-shoodiq (صادق) yang berarti orang yang benar. Kalau ash-shodiiq, entahlah.. mungkin orang-orang yang jujur. Google translate? Lebih kacau lagi, dia bilang artinya Siddiq. Lhah…

Saat sesi cepat tepat, benarlah bahwa kata tersebut ditanyakan oleh admin. Ternyata semua yang ikut sesi cepat tepat juga nggak tahu, hehe.. semuanya mengira bahwa ash-shodiiq adalah orang yang jujur. Ketika akhirnya saya bilang bahwa mungkin itu nama orang: si Siddiq, meledaklah tawa admin dan peserta lainnya. Dan hasilnya, ternyata jawaban yang saya dasarkan dari Google Translate itu disalahkan oleh admin.

Baiklah, kami menyerah dan admin memberikan jawaban yang benar. Ash-shodiiq berarti teman atau sahabat. Oooo…. saya hanya ber-oo ria. Jadi ash-shodiiq sama saja dengan ash-shohiib.

Samar-samar lalu muncul dalam ingatan saya, sebuah kajian oleh seorang ustadz yang-saya-lupa-siapa “Ash-shodiiq? Sahabat, teman baik! Jadi kalau antum punya teman namanya Shidiq, itu artinya sahabat atau teman baik.” Pelajaran singkat yang entah bagaimana terlupakan oleh saya, namun rupanya masih mengendap dalam memori.

Memang, pelajaran yang tidak pernah diulang (apalagi diterapkan) akan mudah terlupakan. Makanya, muroja’ah itu penting.

Leave a Reply

