Kajian Kitab / Qawa'idul Arba'

Hakekat Agama yang Hanif

“Ketahuilah, semoga Allah menunjukimu untuk menaati-Nya, bahwa sesungguhnya al-Hanifiyyah (ajaran Nabi Ibrahim ‘alaihis salam) adalah engkau mengibadahi Allah dengan mengikhlaskan agama ini hanya bagi-Nya, sebagaimana firman Allah

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (Adz-Dzariyat: 56)”

— Kitab Qawaidul Arba’ah, Muqaddimah –

Pentingnya Pengajar yang Shalih

Pada pertemuan lalu, telah dibahas betapa penulis kitab ini (Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab) mendoakan banyak kebaikan untuk para penuntut ilmu. Di sini, beliau kembali mendoakan para pembaca kitabnya. Inilah adab seorang pengajar yang selalu mendoakan kebaikan untuk murid-muridnya.

Terdapat hikmah agar kita harus berupaya mencari guru yang shalih, yang senantiasa mengajarkan ilmu-ilmu yang shahih, dan mendoakan kebaikan murid-muridnya. Disebutkan kisah al-Qadhi tentang pengaruh pengajar yang shalih.

“Telah sampai kepada kami kisah seorang pengajar yang shalih. Suatu ketika di depan Kakbah, beliau berdoa ‘Ya Allah, jadikanlah setiap anak yang kuajari sebagai hamba-hambaMu yang shalih.’ Maka sampailah kabar kepadaku bahwa telah lahir dari didikannya sekitar 90 ulama dan orang-orang yang shalih.”

Pengajar yang shalih selalu memikirkan bagaimana agar murid-muridnya mendapatkan kebaikan. Sampai-sampai, dia mendoakan kebaikan bagi murid-muridnya. Sebagaimana syaikh di sini, mendoakan murid-muridnya, yaitu para pembaca kitabnya.

Hakekat Agama yang Hanif

Syaikh ingin menjelaskan konsep al-Hanifiyyah, yaitu agama nabi Ibrahim. Sesungguhnya, sebagian orang-orang Yahudi, Nasrani, dan musyrikin mengklaim bahwa mereka mengikuti agama nabi Ibrahim. Maka, Allah membantah mereka karena agama nabi Ibrahim tidaklah seperti yang mereka yakini dalam agama mereka.

Al-Hanifiyyah adalah orang-orang yang mengesakan Allah subhanahu wa ta’ala dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apa pun.

  1. Ali Imron: 67  

“Bukanlah Ibrahim seorang Yahudi atau Nasrani, tetapi dia adalah seorang yang hanif dan seorang muslim. “

Al-hanif (lurus), yaitu condong kepada Allah dan berpaling dari yang selain-Nya. Dengan demikian, inti dari al-hanif adalah beribadah kepada Allah saja dan meninggalkan peribadatan kepada selain-Nya. Jadi, orang-orang yang mengaku mengikuti agama Ibrahim/Ibrahimovic/millah Ibrahim (al-hanifiyyah) haruslah mengesakan Allah dan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun.

  1. Al Baqarah: 135

“Mereka mengatakan bahwa “Jadilah kamu pengikut agama Yahudi atau pengikut agama Nasrani, niscaya kamu akan mendapatkan petunujuk.” Maka, katakanlah bahwa millah Ibrahim-lah yang harus diikuti, dan Ibrahim bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik.”

Ayat ini menafikan klaim bahwa penganut Yahudi dan Nasrani adalah mengikuti agama Ibrahim. Nabi Ibrahim tidaklah seperti mereka karena Nabi Ibrahim tidak pernah melakukan kesyirikan.

  1. An Nahl:

“Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang teladan yang senantiasa patuh kepada Allah lagi hanif, dan dia tidaklah termasuk orang yang musyrik.”

Dalam ayat ini, Allah kembali menegaskan bahwa Nabi Ibrahim tidaklah pernah melakukan kesyirikan dan membantah orang-orang musyrik yang meng-klaim bahwa mereka mengikuti agama nabi Ibrahim.

  1. An-Nahl: 123

“Dan kami wahyukan kepadamu, hendaklah kamu mengikuti millah Ibrahim secara hanif (lurus).”

Al-An’am: 161

“Katakanlah, sesungguhnya aku telah diberi petunjuk oleh Rabbku suatu agama yang lurus, agama yang tegak, yaitu millah Ibrahim yang hanif, dan dia bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik.”

Ayat-ayat ini menunjukkan kewajiban bagi kita untuk mengikuti agama Ibrahim. Agama Ibrahim tidaklah seperti sangkaan orang-orang musyrik yang mengklaim bahwa agama mereka mengikuti agama Ibrahim. Sebaliknya, agama Ibrahim adalah agama tauhid, beribadah hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala, dan menjauhi larangan-larangan Allah subhanahu wa ta’ala.

Kajian Kitab Qawaidul Arba’ oleh Ustadz Wira Mandiri Bachrun Pertemuan 003 https://archive.org/details/QawaidulArba003

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s