Kajian Kitab / Qawa'idul Arba'

Meyakini Allah Satu-Satunya Pencipta Saja Belumlah Membuat Seseorang Menjadi Muslim

“Hendaknya engkau mengetahui bahwasanya orang-orang kafir yang diperangi oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam meyakini  bahwa Allah ta’ala-lah satu-satunya Pencipta Yang Maha Mengatur. WALAUPUN DEMIKIAN, PENGAKUAN MEREKA INI TIDAKLAH MEMASUKKAN MEREKA KE DALAM ISLAM.”

— Kitab Qawaidul Arba’, Kaidah Pertama —

Pada kajian yang lalu, kita telah mempelajari bahwa tauhid meliputi Tauhid Rububiyyah, Uluhiyyah, dan Asma Wasshifat. Dengan demikian, orang-orang kafir pada masa Rasulullah sesungguhnya telah bertauhid dalam hal rububiyyah Allah. Walaupun begitu, tauhid mereka ini tidaklah cukup untuk membuat mereka disebut sebagai seorang muslim. Karena, tauhid mereka tidak menunjukkan penghambaan kepada Allah.

Setiap manusia mengakui bahwa hanya Allah-lah yang menciptakan dan mengatur alam semesta. Kalau ada yang menyatakan bahwa tidak ada yang menciptakan alam semesta (seperti Atheis), sesungguhnya ucapannya telah menyelisihi fitrahnya. Pernyataan tersebut hanyalah muncul karena kesombongan dan menuruti hawa nafsu. Padahal, sejatinya, hati mereka mengakui bahwa Allah-lah pencipta dan pengatur semesta alam.

Syaikh selalu menyertai argumennya dengan dalil dari Alquran atau Assunnah. Inilah yang dilakukan oleh para ulama sesungguhnya. Tidak seperti kebanyakan orang yang melontarkan pendapat, tetapi tidak memiliki landasan dalil yang jelas, melainkan pendapat mereka sendiri saja.

Berikut inilah dalil-dalil yang dibawakan oleh Syaikh:

QS Yunus: 31

Katakanlah: “Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?” Maka mereka akan menjawab: “Allah”. Maka, katakanlah “Mangapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya)?”

QS Luqman: 25

Dan sesungguhnya, jika kamu tanyakan kepada mereka: “Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?” Tentu mereka akan menjawab: “Allah”. Katakanlah: “Segala puji bagi Allah”; tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.

QS Al Mu’minun: 86-87

Katakanlah: “Siapakah Yang Empunya langit yang tujuh dan Yang Empunya ‘Arsy yang besar?” Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah”. Katakanlah: “Maka apakah kamu tidak bertakwa?”

QS Al Mu’minun: 88-89

Katakanlah: “Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya, jika kamu mengetahui?”

Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah”. Katakanlah: “(Kalau demikian), maka dari jalan manakah kamu ditipu?”

Ayat-ayat di atas menunjukkan bahwa orang-orang kafir pada masa Rasulullah telah bertauhid dalam hal rububiyah, tetapi belum secara uluhiyyah. Oleh karena itulah, mereka masih diperangi oleh Rasulullah.

Ayat-ayat di atas juga membantah pendapat para ahli filsafat (filsof) bahwa tauhid adalah sebatas pada pengakuan bahwa Allah satu wujudnya, satu-satunya pencipta dan pemberi rezeki. Tauhid dalam definisi para filsof hanyalah berkutat pada Tauhid Rububiyyah. Padahal, bukan ini tauhid yang didakwahkan oleh para Rasul. Tauhid yang dibawakan oleh para Rasul adalah Tauhid Uluhiyyah, yaitu tauhid dalam peribadahan.

Rasulullah bersabda “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sampai mereka bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, dan mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat. Jika mereka  telah melakukannya, barulah terjaga darah dan harta mereka kecuali dengan hak Islam. Dan hisab mereka diserahkan kepada Allah. (HR Bukhari dan Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa hanya dengan tauhid uluhiyah sajalah harta dan darah seseorang akan terjaga. Oleh karena itu, selama orang-orang kafir masih bertauhid secara rububiyah saja, mereka tetap diperangi oleh Rasulullah.

 

Kajian Kitab Qawaidul Arba’ oleh Ustadz Wira Mandiri Bachrun

Pertemuan 004 https://archive.org/details/QawaidulArba004

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s