Kajian Kitab / Qawa'idul Arba'

Berdoalah Langsung Kepada Allah, Bukan Kepada Perantara

Orang-orang musyrikin berkata “Kami tidak berdoa menghadapkan hati kami kepada mereka (Nabi, malaikat, orang-orang, dan yang selain itu – pent) kecuali untuk kedekatan kepada Allah (untuk meminta syafa’at)

— Kitab Qawaidul Arba’, Kaidah Kedua —

—-

Kaidah ini pada hakekatnya merupakan lanjutan kaidah pertama. Pada kaidah pertama, disebutkan bahwa orang-orang musyrik sejatinya mengakui bahwa Allah satu-satunya pencipta dan pengatur alam semesta. Lalu, apa alasannya mereka menyekutukan Allah?

Jawabannya terdapat pada kaidah kedua ini, yaitu mereka ingin mendekatkan diri kepada Allah melalui perantara. Mereka mengira bahwa hubungan antara Allah dengan para hamba-Nya seperti hubungan seorang raja dengan para rakyatnya.

Dalam hubungan antara raja dengan rakyat jelata, rakyat jelata tidak bisa langsung mengutarakan pendapat dan meminta kepada raja. Rakyat harus berbicara melalui perantara, yaitu orang-orang yang dekat dengan raja.

Demikian pula, mereka mengira bahwa seperti itulah hubungan Allah dengan para hamba-Nya. Mereka tidak mau beribadah langsung kepada Allah. Mereka berdoa kepada para nabi dan orang-orang shalih sebagai perantara doa mereka kepada Allah. Menurut persangkaan mereka, mereka yang berlumuran dosa tidaklah pantas untuk langsung meminta kepada Allah. Adapun, para nabi, malaikat, dan orang-orang shalih pasti memiliki kedudukan yang lebih dekat kepada Allah. Oleh karena itulah, mereka berdoa kepada para nabi, malaikat, dan orang-orang shalih sebagai perantara doa mereka kepada Allah.

“Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): “Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya”. Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.” (QS Az Zumar: 3)

Padahal, Allah perintahkan kita untuk meminta langsung kepada Allah.

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS Ghafir: 60)

Dari Abdullah bin Abbas “Jika engkau meminta, maka mintalah kepada Allah. Jika engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah.”  (HR Tirmidzi)

“Dan hanya kepada Allah sajalah engkau berharap.” (Al Insyirah: 8)

Sebagian orang datang ke kuburan untuk minta pertolongan dan minta perlindungan. Mereka menyangka bahwa orang-orang yang ada di dalam kuburan itu masih hidup dan mendengar doa mereka. Mereka berdalih dengan dalil

“Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.”(QS Ali Imran: 169)

Padahal, ayat di atas menunjukkan keutamaan orang-orang yang gugur di jalan Allah, yaitu mendapatkan kenikmatan meski telah meninggal. Dalam ayat tersebut, tidak ada pernyataan yang memerintahkan atau membolehkan seseorang untuk berdoa dan meminta kepada orang yang telah meninggal.

Sebaliknya, para sahabat tidak pernah ada yang datang ke kuburan untuk meminta-minta. Padahal, banyak sahabat yang gugur di jalan Allah. Jikalau meminta-minta kepada penghuni kubur itu baik, niscaya para sahabat adalah orang-orang yang pertama kali melakukannya karena mereka adalah orang-orang yang paling bersemangat untuk melakukan kebaikan.

Selain itu, di akhir ayat, disebutkan bahwa para syuhada yang gugur memperoleh rezeki dari Allah. Mereka mendapatkan rezeki, bukan memiliki dan memberikan rezeki. Jadi, mengapa kita meminta kepada mereka? Mintalah hanya kepada yang memiliki rezeki.

 

Kajian Kitab Qawaidul Arba’ oleh Ustadz Wira Mandiri Bachrun

Pertemuan 005 https://archive.org/details/QawaidulArba005

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s